Sambut HUT Kab. Semarang ke - 499 dan Apel Dalam Rangka Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN ) - PORTAL BERITA FOTO
loading...
loading...

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, February 28, 2020

Sambut HUT Kab. Semarang ke - 499 dan Apel Dalam Rangka Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN )

Apel dalam rangka Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN ) tingkat Kab. Semarang Tahun 2020 dan menyambut HUT Kab. Semarang yang ke - 499, Jumat (28/2/2020)
SEMARANG,MATALENSANEWS-Bertempat dipangkalan parkiran Truk Tegal Panas jln Soekarno - Hatta Ds Jatijajar Kec. Bergas Kab. Semarang, telah berlangsung acara Apel dalam rangka Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN ) tingkat Kab. Semarang Tahun 2020 dan menyambut HUT Kab. Semarang yang ke - 499, Jumat (28/2/2020).

Seusai acara Apel dilanjutkan denvan bersih Sungai Wonoboyo dan sebagai pembina Apel Dr H Mundjirin Es, Spog ( Bupati Semarang ) yang dihadiri lebih kurang 600 orang.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Dr H Mundjirin Es , Spog , Bupati Semarang,
Ketua DPRD Kab Semarang Bondan Maruto Hening,Kapolres semarang AKBP. Adi Sumirat Sik. MH. MM,Wakil Bupati Kab Semarang Ngesti Nugraha SH,PJS Danramil 15 Klepu, mewakili Dandim 0714/ Salatiga Kapten Czi Agus Pujiatmo,Kadin Lingkungan Hidup Kab. Semarang Ir. Nur Hadi Subroto MM,Ka Satpol PP dan Ka Damkar Kab. Semarang Drs Tajudin Noor, Camat Bergas Drs Lalu Muhamad Maladi,  Kapolsek Bergas Polres Semarang AKP Suwanta SH , Kades Jatijajar, Bergas , Klepu, Ngempon Kecamatan Bergas, Kepala SDN 01 Jatijajar Kec. Bergan,Ketua Bank Sampah Induk Serasi Kab. Semarang, Ketua Bank Sampah Kebonan Berseri Ds. Jatijajar Kec. Bergas,Ketua Bank Acil Kec. Ambarawa, Ketua Bank Sampah Sehati Kel. Wujil dan Ketua KSM Pos Daya Pendem. Kel. Bandungan Kec. Bandungan Kabupaten Semarang beserta Peserta apel.

Adapun peserta Apel terdiri dari anggota Koramil 15 Klepu Dim 0714/Salatiga, anggota Polsek Bergas Polres Semarang, Dinas lingkungan hidup Kab. Semarang,
Relawan Kab. Semarang, Warga Masyarakat, Pelajar Pramuka dan osis.

Dalam Sambutannya, Bupati Semarang menyampaikan bahwa Jumlah penduduk Kabupaten semarang saat ini 1.043629 Jiwa dan apabila kita perorang menghasilakan sampah per orang 0,5 kg , sedangkan TPA blondo hanya menampung sampah 153 Ton sampah perhari atau kurang lebih 29 % dari jumlah sampah yang dihasilkan dari jumlah penduduk Kabupaten Semarang yang baru terangkut , sisanya itu diindikasikan dibuang ke sungai.

Jumlah sampah yang dihasilkan di seluruh penduduk Kab Semarang sangatlah banyak dan sisanya itu akan dikemanakan yang disinyalir antara lain dibuang ke tempat-tempat yang tidak tertentu , di selokan, juga tempat-tempat yang lain termasuk juga buang sampah disungai. maka kita semua perlu peduli bersama-sama bangkit dalam melakukan perubahan perilaku berkaitan dengan penanganan sampah.

Penanganan sampah harus didukung oleh semua pihak , baik dari dunia usaha dan juga masyarakat , karena merupakan tanggung jawab kita bersama baik pemerintah dan segenap masyarakat serta Para Kades agar mengalokasikan anggaran desa untuk pengelolaan sampah,terang Bupati Semarang.

Ditempat yang sama,pada pukul 08.35 Wib selesai Apel dilanjutkan dengan acara pemberian Penghargaan dan Penyerahan simbolis bantuan sarana prasarana pengelolaan sampah Tahun 2019 oleh Bupati Semarang.

Adapun penerima Penghargaan dan Bantuan yang diberikan berupa :

a. Penerima Penghargaan;
1) Juara 1 Lomba Kalpataru , Kategori Perintis Lingkungan. ( Bp. Sumingan Ds. Jetak  Kec. Getasan ).
2) Juara 1 Lomba Kalpataru , Kategori Penyelamat Lingkungan.
( Ketua KT. Karya Bhakti II Ds. Brongkol Kec. Jambu )
3) Pelaksana Terbaik 1 Jenjang SD/MI Sekolah Adiwiyata Tk Kabupaten Semarang Th. 2019. ( Kepala MIN 1 Semarang Kec. Ambarawa ).
4).Pelaksana Terbaik 1 jenjang SMP/MTs Sekolah Adiwiyata Tk. Kabupaten Semarang Th. 2019. ( Kepala SMPN 2 Tengaran
Kec. Tengaran ).
5) Pelaksana Terbaik 1 Jenjang SMA/MA Sekolah Adiwiyata Tk. Kabupaten Semarang Th. 2019. ( Kepala SMAN 1 Tuntang
Kec. Tuntang )

b. Penerima Bantuan :
1) Camat Bergas menerima bantuan mesin biopori.
2) Kades Jatijajar menerima bantuan tong sampah pemilah.
3) SDN Jatijajar 02 menerima bantuan tong sampah pemilah.
4) Ketua Bank Sampah Induk Serasi menerima bantuan godung bank sampah induk
5) Ketua Bank Sampah Kebonan Berseri menerima bantuan kendaraan roda tiga
pengangkut sampah.
6) Ketua Bank Sampah Acil menerima bantuan gedung bank sampah unit.
7) Ketua Bank Sampah Sehati menerima bantuan mesin pencacah plastik.
8) Ketua KSM Pos Daya Pendem Bandungan menerima gedung bantuan TPS 3R.
9) Penyerahan Kartu keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk Relawan .

Usai acara dilanjutkan dengan kegiatan bersih - bersih sampah disekitaran Sungai Wonoboyo sampai selesai pukul 09.40 Wib.(Tri)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages