Kodam IV/Diponegoro Selenggarakan Peringatan Hari Juang TNI - AD Ke -74 Tahun 2019 -->

Kodam IV/Diponegoro Selenggarakan Peringatan Hari Juang TNI - AD Ke -74 Tahun 2019

Wednesday, December 18, 2019, December 18, 2019
MATALENSANEWS.com-Bertempat di Alun - alun Purwodadi Kab. Grobogan telah di laksanakan Peringatan Hari Juang TNI - AD Ke -74 Tahun 2019 dengan tema "TNI Angkatan Darat Adalah Kita". Yang diikuti kurang lebih 10.000 orang, Selasa (17/12/2019).

Acara yang di mulai pada pukul 07,00Wib sampai dengan 12,40 Wib ini, dihadiri oleh
Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Mochamad Effendi, SE. MM,Kepala Kanwil Pertahanan Prov Jateng,Kepala BKKBN Jateng,Danrem 073/Mkt Kolonel Arm Moch Erwansjah,S.IP,M.Hum,Para Asisten Kasdam IV/Diponegoro,Danlanal dan Lanud Jateng,Dan Grup 2 Kopassus ,Dan Brigif 6 Kostrad,Para Dansat dan Kabalak jajaran Kodam IV/Diponegoro,Forkopimda Kab. Grobogan,Ka. OPD Jateng dan Kab. Grobogan beserta tamu undangan.

Adapun rangkaian acara meliputi,pukul 07.40 WIB jalan sehat dengan jarak kurang lebih 3 KM yang dilepas oleh Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi, SE. MM.Route :Star depan pendopo jln. Ayam wuruk - jln. Siswo Miharjo - jln. R. Suprato - jln. Mt. Haryono - jln. Suhanda - jln. Jend Sudirman - finish depan pendopo. Dan Senam Sajojo bertempat alun - alun Purwodadi (Pukul 08.30 WIB),

Dalam sambutannya Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Mochamad Effendi, SE. MM mengucapkan banyak tetima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi untuk acara kegiatan Bhakti Sosial baik dari unsur BRI dari Semarang, dari BNI wilayah Semarang atau yang mewakili Bank Mandiri Bank Jateng BKK tidak lupa dari PLN kemudian juga dari organisasi kemasyarakatan.

Para keluarga besar TNI dalam hal ini ada FKPPI ada Pemuda Panca Marga serta semua yang hadir dalam rangka mendukung kegiatan hari juang TNI - AD ini kami mohon maaf tidak bisa kami sebut satu persatu kepada rekan-rekan saya hadir juga kepala Kanwil pertahanan kemudian juga dari Danlanal, DanLanud, DanGrup 2 Kopassus serta DanBrigif 6 Kostrad yang semuanya hadir bersama-sama kita semua.

Dalam rangka melaksanakan kegiatan hari juang TNI Angkatan Darat selanjutnya disebut selaku Pangdam dan seluruh keluarga besar TNI Angkatan Darat keluarga Kodam 4 Diponegoro ucapan terima kasih pada masyarakat Kabupaten Grobogan khususnya dan rekan-rekan sekalian yang telah mendukung kegiatan ini peringatan Hari juang TNI Angkatan Darat tahun 2019.

Secara sederhana dengan sedikit melaksanakan syukuran yang diawali oleh berbagai kegiatan yaitu pada kegiatan sosial berupa donor darah pengobatan umum pelayanan KB kesehatan khitanan massal operasi bibir sumbing Rehab rumah tidak layak huni penghijauan pembersihan tempat ibadah pembagian sembako dan kegiatan-kegiatan lain yang menyentuh masyarakat khusus untuk wilayah Kab. Grobogan.

Kami akan membagikan 3500 paket sembako kemudian pembagian kacamata gratis 1000 donor darah 200 orang Pengobatan umum yang kami siapkan untuk masyarakat diantaranya pengobatan gigi dan kemudian perbaikan rumah tidak layak huni jumlah 68 unit perbaikan mushola dan masjid 65 unit dan penyambungan listrik gratis dari PLN sebanyak 35 rumah.

Hari ini merupakan refleksi jati diri TNI sebagai tentara rakyat antara pejuang tentara nasional dan profesional yang senantiasa harus Manunggal dengan rakyat tetap mengedepankan kepentingan masyarakat bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

Secara bersama-sama kita pahami bersama bahwa penyelenggaraan hari juang Kartika TNI Angkatan Darat sebagai sarana untuk introspeksi diri juga dapat dipandang sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban TNI Angkatan Darat kepada rakyat atas pembangunan kekuatan yang telah dilaksanakan.

Tema yang ditetapkan pada hari juang tahun ini adalah "TNI Angkatan Darat Adalah Kita" bahwa tema tersebut mengandung makna bahwa dengan jati dirinya sebagai tentara rakyat tentara pejuang dan tentara profesional dengan tumbuh berkembang serta berjuang bersama rakyat untuk kepentingan rakyat kita meyakini bahwa dengan bersama-sama dengan bergandengan bersama karena kekuatan TNI yang didukung oleh rakyat merupakan bentuk aplikasi pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa dalam rangka ikut membela negara kesatuan Republik Indonesia,tegas Pangdam.

Pangdam juga menuturkan bahwa memilih Kab. Grobogan ini Tentunya ada latar belakang atau alasannya yaitu dimana pada saat Agresi Militer Belanda ke-2 tahun 1946 yang terkenal pada pertempuran 5 hari di Semarang sampai dipukul mundur ada di tandai dengan tugu lokasi di Wirosari keterlibatan masyarakat berburu dan masyarakat bersama seluruh pemerintah bersama TNI Angkatan Darat berhasil salah satu wujud terima kasih kita kepada masyarakat Grobogan.

Tanpa ada dukungan dari masyarakat dalam rangka memperingati hari juang kali ini tanpa dukungan masyarakat tentunya mungkin saya tidak bisa berdiri disini kita semua mungkin tidak bisa begini saya, dan saya berharap mari kita sama-sama dengan saling bahu-membahu kita lanjutkan kalau dulu kita mempertahankan kemerdekaan ini sekarang kita bagaimana menciptakan Indonesia yang maju dengan sumber daya yang makmur.

Seluruh masyarakat merupakan yang telah mendukung acara ini dan tentunya apa yang kita lakukan ini belum seberapa tapi paling tidak menunjukkan bahwa kita perlu dukungan seluruh masyarakat kita perlu bersatu pada hari ulang tahun ini kita pimpinan Angkatan Darat memberikan satu tema yaitu angkatan darat adalah kita kalau saya bilang kita berada di tempat itu adalah juga bagian dari Angkatan Darat urusan pemerintah daerah itu ada Pak Kapolres itu juga Angkatan Darat bagian ngurusin Kamtibmas itu Angkatan Darat bagian utara itu Angkatan Darat bagian udara dari semuanya Angkatan Darat ada Pak Dana itu Angkatan Darat bagian laut angkatan darat hari ini sekali lagi terima kasih kepada semua rekan-rekan masyarakat yang sudah mendukung kegiatan ini, mudah-mudahan apa yang kita lakukan ini mendapat ridho dari Allah subhanahu wa ta'ala Tuhan, terang Pangdam.(Nug)

TerPopuler