Security Temukan Tas di Halaman Gereja Wilayah Salatiga,Yang Diduga Berisi Bom -->

Security Temukan Tas di Halaman Gereja Wilayah Salatiga,Yang Diduga Berisi Bom

Monday, December 30, 2019, December 30, 2019

SALATIGA,MATALENSANEWS.com-Seorang Security menemukan sebuah tas ransel mencurigakan dihalaman gereja, Selanjutnya melaporkan ke Pos pam 03 dan personil Pospam melakukan cek TKP guna mengecek kebenaran laporan tersebut.

Personil Pos Pam melaporkan kejadian tersebut kepada Kapospam, selanjutnya Kapospam melaporkan kejadian tersebut kepada Kabag Ops Polres Salatiga selaku Karendal Ops Lilin Candi 2019. Selanjutnya Kabag Ops melaporkan kejadian tersebut kepada Kapolres dan memerintahkan unit tindak dan unit identifikasii untuk cek dan oleh TKP.

Unit tindak dan unit indentifikasi Sat Reskrim melakukan cek dan oleh TKP, setibanya di lokasi dilakukan sterilisasi dan memasang Police Line di depan gereja dengan dibantu personil Pos Pam.

Karendaalops memerintahkan Kasat Sabhara agar unit tindaak beserta tim gegana yang sudah stanby di mako untuk melakukam pengecekan dan pengamanan barang bukti tas yang dicurigai bom.

Selanjutnya tim gegana melakukan cek TKP dan benar tas tersebut ditemukan satu jenis Bom rakitan, dan dilakukan distraktor (pencerai beraian ) isi tas yang di duga Bom rakitan tersebut.

Setelah mengamankan barang bukti, Gegana Satbrimob Polda Jateng melakukan penyisiran di sekitar gereja.Setelah situasi aman dan kondusif gereja dibuka kembali dan personil Polres Salatiga berkonsentrasi kembali ke pengamanan malam tahun baru 2020 di wilayah hukum Polres Salatiga.


Semua kejadian itu adalah sebuah "Simulasi Kontijensi  dalam Rangka Antisipasi Perayaan Menyambut Malam Tahun Baru 2020 di Wilyah Hukum Polres Salatiga."Yang diadakan didepan Pendopo Polres Salatiga dan dipimpin langsung oleh Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, SE, M. Si, pada hari Senin (30/12/ 2019)  pukul 11.15 sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Kapolres Salatiga memberikan beberapa evaluasi dalam acara ini diantaranya:Pada umumnya rangkaian simulasi berjalan baik, beberapa evaluasi diantaranya pada saat personil pos pam cek TKP, tidak seluruhnya meninggalkan pos pam. Membuat perimeter di sekitar lokasi, sebelum menuju lokasi TKP masing-masing Kasatgas melakukan konsolidasi terlebih dahulu.Setelah diskrebser barang bukti di amankan dan semoga Kota Salatiga aman kondusif.

Menurut Kabbag Humas Polres Salatiga AKP Joko Lelono, acara Simulasi Kontijensi dihadiri oleh Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, S.E, M.Si,Wakapolres Salatiga Kompol Kristanto Budi Nursetya, S.Sos,Kabag Ops Polres Salatiga Kompol Sairi, SH, PJU Polres Salatiga,Kapolsek Jajaran Polres Salatiga, 1 (satu) regu BKO Brimob Polda Jateng,Personil Polres Salatiga sekitar 70 persomil dan media massa dari Kota Salatiga.(Guntur)


TerPopuler