Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Jumat, 27 November 2020, 11:08:00 PM WIB
Last Updated 2020-11-27T16:08:13Z
BERITA UMUMNEWS

Pimpinan Redaksi Media Matalensanews.com Lantik Kepala Biro Batang/Pekalongan

Advertisement


Salatiga,MATALENSANEWS.com-Pimpinan Redaksi matalensanews.com Drs.Kasmun Saparaus melantik Kepala Biro Pers Media matalensanews.com Suwondo untuk wilayah Batang/Pekalongan di kantor pusat Perum Argotunggal Salatiga, Jumat (27/11/20.


Acara pelantikan berlangsung dengan sederhana karena mengingat kondisi Covid-19 dan dihadiri oleh Pimpinan Umum media Matalensanews.com Guntur SH dan juga para kepala biro dan kontributor.


"Selain melantik Suwondo, Drs.Kasmun Saparaus juga memberikan pedoman terkait fungsi dan peranan media."


Menurut pimpinan Redaksi Drs.Kasmun Saparaus,peran wartawan dapat dikatakan dalam empat fungsi pers.Menjadi jurnalis berarti memiliki peluang besar untuk inspirasi.


"Untuk Menginformasikan, Meningkatkan pengetahuan masyarakat atas dinamika peradaban manusia dengan apa yang terjadi secara aktual, faktual, berimbang, dan cermat.


"Untuk Mendidik" mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan wawasan dan integritas moral masyarakat, dengan melakukan pendidikan melalui pemberitaan atau opini yang ditulisnya di massa media.


"Untuk Menghibur"embuat masyarakat senang dan terhindar dari stres dengan menghibur lewat medianya.


"Untuk Mengontrol" melakukan Pengawasan sosial ( kontrol sosial ), meluruskan prilaku society Yang menyimpang Dan mengkritisi kebijakan Pemerintah Yang TIDAK Populer. Wartawan dapat membentuk opini publik ke arah yang maslahat.


Guntur SH selaku pimpinan Umum menambahkan bahwa tugas pokok (job desc) wartawan utama ada dua, yakni mencari informasi, memburu dan menyusun berita, serta menyebarluaskannya kepada publik.


Kemampuan, skill, atau keahlian yang harus dimiliki wartawan secara umum ada tiga, yakni teknik jurnalistik (meliput dan menulis berita), menguasai bidang liputan, dan menaati kode etik jurnalistik, tambah Guntur SH.(Anden)