Kapolres Sukoharjo Dorong Polsek Jajaran Kembangkan Budidaya Ikan dan Tanaman -->

Kapolres Sukoharjo Dorong Polsek Jajaran Kembangkan Budidaya Ikan dan Tanaman

Sunday, September 5, 2021, 7:24:00 PM


Sukoharjo,MATALENSANEWS.com - Sebagai salah satu upaya untuk menjaga serta memastikan ketahanan pangan, Polsek Polokarto, Polres Sukoharjo, memberikan pelatihan budidaya ikan lele kepada kelompok pemuda Polokarto, Jumat (3/9/2021).


Kapolsek Polokarto AKP Sriyadi mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan pembudidaya yang mampu berperan dalam terciptanya sumber mata pencaharian baru.


Selain itu juga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi para peserta latihan. Karena diketahui, lele merupakan salah satu ikan yang memiliki ketahanan tinggi terhadap berbagai cuaca dan kondisi sehingga akan mudah dibudidayakan oleh masyarakat Sukoharjo. "Kita berharap masyarakat mempunyai kemandirian untuk membudidayakan ikan lele," katanya.


Seperti diketahui, hampir seluruh aktivitas mengalami hambatan di tengah pandemi saat ini. Begitu pula dengan kegiatan produksi. Meskipun begitu, pangan menjadi kebutuhan pokok masyarakat yang akan terus dibutuhkan.


"Kita ingin menumbuhkan ekonomi masyarakat, dimana nanti bisa membantu ketahanan pangan di massa pandemi ini. Karena selain bisa dikonsumsi sendiri juga bisa dipasarkan," ujarnya.


Dalam pelatihan ini peserta diberikan beberapa materi seperti, peluang usaha budidaya, pengenalan ikan lele, pengenalan dan persiapan kolam, pemilihan dan penebaran benih, tata guna pakan, tata guna air, penanggulangan hama dan penyakit, pengenalan dan tata cara penggunaan obat-obatan ikan, pengantar manajemen usaha, arah dan kebijakan pengembangan budidaya, serta praktik pembuatan kolam terpal.


"Kedepan, Polsek selaku pembina akan terus melakukan pembinaan dan membantu menjembatani ke beberapa instansi agar kelompok budidaya ikan lele ini berkembang kedepannya," katanya.



Menurut AKP Sriyadi, yang menjadi hambatan budidaya ikan lele ini yakni di harga pakan. Dimana harga pakan sering mengalami kenaikan. Sehingga dia berharap melalui pelatihan ini, ada bantuan berupa mesin pembuatan pakan ikan dari instansi terkait.


"Untuk kendala dari mahalnya pakan yang dikeluarkan pabrik, jadi harapan dari pelatihan ini sebisa mungkin dapat mencari pakan alternatif, yang mana bisa mengurangi pengeluaran pembudidaya ikan lele tersebut," jelasnya.


Sementara itu, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengapresiasi inisiasi Polsek Polokarto tersebut. Dan mendorong kepada seluruh Polsek Jajaran Polres Sukoharjo untuk mengembangkan program ketahanan pangan dan kampung tangguh.


"Kami dorong seluruh Polsek Jajaran Polres Sukoharjo untuk mengembangkan program ketahanan pangan. Baik budidaya ikan maupun tanaman pangan," jelasnya.


Vio Sari/Humas

TerPopuler