Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Kamis, 02 September 2021, 7:04:00 PM WIB
Last Updated 2021-09-02T12:04:55Z
NEWSPENDIDIKAN

Posko Sekolah Sehat Ujung Tombak Pengendalian Covid-19

Advertisement


KENDAL,MATALENSANEWS.com- Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kabupaten Kendal sudah berlangsung di 60 sekolah. Tidak ingin ada klaster baru penyebaran Covid 19 di saat pelaksanaan pembelajaran tatap muka, Polres dan Pemkab Kendal membentuk Posko Sekolah Sehat.


Posko ini nantinya akan menjadi ujung tombak pengendalian covid di lingkungan sekolah melalui pemeriksaan ketat dan pengawasan bersama penyelenggara pendidikan dan siswa.


Posko Sekolah Sehat ini merupakan inisiasi Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto untuk mengendalikan penyebaran covid di lingkungan sekolah. Langkah ini dilakukan setelah Pemerintah Kabupaten Kendal mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka di sejumlah sekolah.


Uji coba Posko Sekolah Sehat ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kendal dengan melibatkan siswa dan guru.


“Posko Sekolah Sehat ini nantinya akan menjadi ujung tombak pengendalian covid sehingga tidak terjadi klaster baru saat pembelajaran tatap muka,” jelas Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto saat meninjau Posko Sekolah Sehat, Kamis (2/9/2021).


Ditambahkan Posko Sekolah Sehat digelar setelah 33 SMP melakukan kegiatan belajar tatap muka. Protokol kesehatan perlu dibenahi mulai dari sarana dan prasarana, tidak terkecuali personel yang ada.


”Posko Sekolah Sehat ini mengoptimalkan potensi yang ada seperti polisi keamanan sekolah guru dan karyawan,” imbuhnya.


Nantinya potensi yang ada ini akan melakukan pengecekan, mulai dari pintu masuk hingga proses belajar mengajar di dalam kelas. Selama proses PTM akan ada kegiatan berjemur untuk menambah imunitas dan diharapkan kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan di luar kelas dan terbuka.


Sementara itu Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, pelaksanaan PTM di Kendal sudah seminggu yang lalu dan pertama dilaksanakan di Jawa Tengah.


“Sampai hari ini pelaksanaan PTM berjalan lancar dan akan ditambah lagi jumlah sekolah yang melaksanakan PTM. Posko Sekolah Sehat ini diharapkan mengontrol dan mampu meningkatkan protokol kesehatan dan akan dievaluasi untuk diterapkan di sekolah lain yang mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka,” jelasnya. 


Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kendal, Teguh Isworo mengatakan Posko Sekolah Sehat ini menjadi sarana untuk melaksanakan protokol kesehatan mulai dari pintu masuk hingga ke dalam lingkungan sekolah.


“Di sini masih banyak siswa yang belum mendapatkan vaksin namun untuk pendidik dan karyawan sudah banyak. Tidak hanya itu ada orang siswa yang keberatan dengan pelaksanaan PTM ini sehiingga diarahkan melakukan pembelajaran secara daring,” katanya.


Sementara yang melaksanakan PTM akan digilir sesuai dengan pentunjuk yang sudah diberikan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kendal.


Di Posko Sekolah Sehat selain penerapan protokol kesehatan di kelas dan lingkungan sekolah, juga dilaksanakan vaksinasi kepada siswa yang belum mendapatkan jatah vaksin karena kesulitan mendapatkan vaksin secara online. (Budi)