Jelang Lebaran, Tim SAR Arnavat Siap Pantau Naik Turunnya Penumpang di Pelabuhan Tanjung Mas -->

Header Menu

Jelang Lebaran, Tim SAR Arnavat Siap Pantau Naik Turunnya Penumpang di Pelabuhan Tanjung Mas

Tuesday, April 26, 2022


SEMARANG,MATALENSANEWS.com - Berdasarkan data yang ada Tahun 2022 ini hingga akhir bulan April, telah terjadi Laka Laut sebanyak 63 Kejadian Laka Laut dengan korban jiwa sebanyak 44 orang yang meliputi Kebakaran Kapal, orang tenggelam, orang meninggal di atas kapal, Tubrukan Kapal, Kapal Terbalik, Orang jatuh di Laut , kapal Larat, kapal terdampar, kecelakan kerja , bencana alam dan orang hanyut di air. Dengan kejadian di atas, apalagi menjelang lebaran, eskalasi kegiatan masyarakat sangat meningkat, baik mudik ataupun wisata perairan. Dirpolairud Polda Jateng mensiagakan Tim SAR Arnavat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.


Adapun tugas Tim Sar Arnavat melaksanakan patroli di obyek wisata perairan Semarang diantaranya Pantai Marina, Pantai Tirang, Pantai Maron, Pantai Cipta dan melaksanakan pengawasan naik turunya penumpang di Pelabuhan Penumpang Tanjung Emas Semarang. Posko Sar tersebut dilengkapi dengan peralatan-peralatan yang menunjang untuk kegiatan Sar antara lain RIB, Perahu Karet, Peralatan Selam, ROV, Drone Bawah Air, Kelenkapan Alat Selam serta personel yang mengawaki peralatan tersebut.


Posko Sar Arnavat juga menerima pengaduan Masyarakat bila terjadi peristiwa Laka Laut di wilayah Perairan Semarang. Di Posko Sar terbut di siagakan personel yang selalu siap siaga selama 1x24 jam.


Dengan adanya Posko Sar Arnavat di Pelabuhan Tanjung Semarang diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat yang sedang merayakan libur Lebaran  di obyek wisata perairan dan masyarakat yang melaksanakan mudik melalui Kapal Laut di Pelabuhan Penumpang Tanjung Emas Semarang.


KOMBES POL HARIADI, S.H., S.I.K., M.H selaku DIRPOLAIRUD POLDA JATENG menghimbau kepada masyarakat yang melaksanakan wisata perairan agar menjaga keselamatan diri dan keluarganya masing-masing dengan mematuhi peraturan yang ada di obyek wisata tersebut. Selain itu kepada para pemudik yang menggunakan jasa kapal Laut agar selalu mematuhi keselamatan selama berlayar dan selama Embargasi Penumpang di Pelabuhan Penumpang Tanjung Emas Semarang.


Humas / Vio Sari