Upacara pelepasan Wali Kota Salatiga di Warnai Suasana Haru -->

Header Menu

Upacara pelepasan Wali Kota Salatiga di Warnai Suasana Haru

Guntur Matalensa
Sunday, May 22, 2022


SALATIGA,MATALENSANEWS.com- Upacara pelepasan Wali Kota Salatiga dan wakil Walikota, Yuliyanto dan Muh Haris diwarnai suasana haru. Pasangan yang dikenal dengan sebutan "Yaris" berpamitan lantaran masa jabatannya telah habis, Minggu (22/5/22).


Jabatan sementara digantikan pejabat yang ditunjuk. Pasangan "YARIS" memimpin Kota Salatiga selama dua periode, 2011-2016 dan 2017-2022. 


Nampak beberapa Walikota maupun Wakilnya mengusap air matanya penuh haru saat berpamita.


Sejumlah aparatur sipil negara di lingkungan Pemkota Salatiga yang hadir juga tak kuasa menahan tangis. Beberapa kali, Yuliyanto dan Haris terlihat berhenti dan memeluk aparatur sipil yang menangis. Pada momen ini, Yuliyanto memeluk Haris begitu erat.


Keduanya tak berkata-kata, hanya air mata yang keluar. Upacara yang seharusnya berlangsung khidmat, malah terasa haru.


"Terima kasih atas bantuan ASN, TNI-Polri, DPRD Salatiga, Forkompinda dan partisipasi masyarakat selama kami memimpin Salatiga," kata Yuliyanto.


Di antaranya Kota Salatiga, peringkat ketujuh secara nasional untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM), pertumbuhan UMKM, serta kota kreatif untuk sektor gastronomi.


Yuliyanto berpesan kepada Pj Wali Kota Salatiga untuk melanjutkan sejumlah program pembangunan yang telah disusun pasangan Yuliyanto-Muh Haris.


"Tentu ada pembangunan yang belum selesai karena tertunda akibat pandemi Covid-19. Jadi yang kemarin tertunda, nanti bisa dilanjutkan," paparnya.


Menurut Yuliyanto, kekuatan Salatiga adalah toleransi masyarakat.Peran serta semua pihak dari Kota Salatiga maupun aparat serta warganya bisa meraih sejumlah prestasi termasuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


"Penjabat harus merangkul semua unsur, tokoh agama, tokoh masyarakat, TNI-Polri, dan menggugah partisipasi masyarakat," ungkapnya.(Guntur)