Kapolres Tuban, AKBP Darman Louncing Kampung Durian -->

Header Menu

Kapolres Tuban, AKBP Darman Louncing Kampung Durian

Wednesday, June 8, 2022

Foto : Kapolres Tuban, AKBP Darman

Tuban,MATALENSANEWS.com– Kapolres Tuban, AKBP Darman kembali melaunching Kampung Durian di Desa Wolutengah, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Selasa (7/6/2022).


Menurut AKBP Darman, proyek pengembangan Kampung Durian ini melibatkan masyarakat secara langsung. Hal ini sangat penting dalam pengembangan perekonomian desa, terutama untuk para petani yang sebelumnya hanya mengembangkan tanaman palawija saja.


Selain itu juga bisa menjadi stimulan munculnya UMKM baru dari produk masyarakat lokal. “Ini nanti ada produk turunannya. Bapaknya merawat durian, ibu-ibu dirumah bisa membuat olahan durian yang bisa dijual,” ungkap Kapolres.


Meskipun durian bersifat tahunan, disela-sela tanaman masih bisa dimanfaatkan petani lokal untuk ditanami jagung. “Jadi petani nggak usah bingung, masih bisa dapat penghasilan dari jagung kalau durian belum berbuah,” terangNya.


Kedepannya, kampung durian tersebut akan berkembang menjadi desa wisata, hal itu sesuai program (Bupati Tuban) Satu Desa Satu Produk Unggulan atau One Village One Product (OVOP). “Ini adalah bentuk dukungan penuh kami terhadap program dari Mas Bupati,” tambah Kapolres Tuban.


Diketahui, sebelumnya Kampung Durian telah dilaunching di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Jatirogo dan Kenduruan, meliputi Desa Kebonharjo, Desa Wangi, Desa Jlodro, dan Desa Sokogunung.


Program pengembangan Kampung Durian ini merupakan program multi-years dimana bekerja sama dengan masyarakat dalam pengembangannya. Durian dipilih untuk dikembangkan, sebab memiliki nilai ekonomi tinggi.


Ada dua jenis durian yang dikembangkan, yaitu jenis Musang king, dan black ton. Setidaknya, 4 ribu bibit akan ditanam dikawasan tersebut, dengan luas lahan mencapai 1000 hektare yang dikerjakan hingga bulan November mendatang. (Lukman Hakim)