Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Senin, 04 Juli 2022, 6:57:00 PM WIB
Last Updated 2022-07-04T11:57:07Z
BERITA UMUMNEWS

Presiden Jokowi Hadiri, HUT Bhayangkara di Akpol Juga Gelar Pesta Rakyat dan Lomba Musisi Jalanan

Advertisement


SEMARANG,MATALENSANEWS.com- Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 76 dipusatkan di Kampus Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang akan dilaksanakan pada 5 Juli 2022. Dalam upacara yang juga diikuti berbagai eksponen masyarakat itu, Presiden Joko Widodo akan bertindak sebagai inspektur upacara.  


Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menjelaskan peringatan HUT Bhayangkara ke 76 mengambil tema Polri Yang Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi Dan Reformasi Struktural Untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh-Tangguh-Indonesia Tumbuh.

 

"Presiden Joko Widodo berkenan menjadi irup upacara. Adapun pelaksanaan kegiatan upacara dilaksanakan di lapangan Bhayangkara Akpol. Sedangkan jumlah pasukan yang dilibatkan berjumlah 1996 personel dari unsur Polri, TNI dan eksponen masyarakat," kata Karo Penmas, Senin (4/7/2022).


Sejumlah aksi spektakuler akan disajikan dalam upacara tersebut. Atraksi tari kolosal akan dipadukan dengan penerjunan bebas oleh personel TNI dan Polri, fly pass helikopter dan penampilan marching band Pelopor Cendrawasih dari taruna Akademi Kepolisian.


Setelah upacara, tambah dia, kegiatan dilajutkan dengan Festival Hari Bhayangkara Ke-76 yang menampilkan 

Expo Alat Material Khusus (Almatsus) Polri, 

Pasar Rakyat, lomba mural dan lomba musik musisi jalanan. 


"Untuk pesta rakyat dilaksanakan di lapangan Taruna Bhayangkara. Adapun stand terdiri dari 6 area diantaranya UMKM, kuliner rakyat, pasar murah, vaksinasi booster Presisi dan pengobatan gratis, permainan anak dan hiburan rakyat. Adapula lomba musik musisi jalanan dan kesenian antar pelajar, penampilan musik Polda Jateng serta pameran mural," rincinya.


Diperkirakan puluhan ribu masyarakat Jateng akan hadir memeriahkan rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara itu. Meski demikian seluruh warga yang hadir diwajibkan untuk mengenakan masker dan mentaati protokol kesehatan.


"Untuk kegiatan tetap dilakukan dengan penetapan prokes yang ketat. Untuk pasukan upacara, semuanya sudah melakukan swab antigen dan telah menerima vaksin booster," imbuhnya.


Dirinya mempersilahkan warga untuk hadir ikut meramaikan namun dihimbau tetap menggunakan masker.


"Dipersilahkan hadir karena selain pesta rakyat juga ada vaksinasi mulai vaksin tahap satu hingga booster," ungkap Karo Penmas.


Untuk mengantisipasi potensi kemacetan di sekitar acara, Polda Jateng dan  Polrestabes Semarang disebutkan akan melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar jalan Papandayan.


Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan pada saat kegiatan mulai pagi hingga siang hari, arus lalu lintas di Jalan Papandayan Semarang akan dibuat satu arah pada 5 Juli 2022. 


"Dari Kagok menuju sampangan, Jalan Papandayan raya akan dibuat satu arah.Untuk warga yang menuju jalan Kagok bisa melintas di Jalan Tumpang Raya," kata Kabidhumas.


Setelah rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara di Akpol selesai, kata dia, arus lalu lintas akan dikembalikan seperti semula.


"Pengalihan arus ini bersifat sementara untuk memudahkan warga yang melintas di jalan Papandayan dan sekitarnya. Untuk itu kami mohon partisipasi dan kerjasama warga kota Semarang," tambahnya.(Aris)