Antisipasi Tanggul Jebol, Kapolres Demak Survei Tanggul Sungai Cabean -->

Header Menu

Antisipasi Tanggul Jebol, Kapolres Demak Survei Tanggul Sungai Cabean

Sabtu, 03 Desember 2022


Demak,MATALENSANEWS.com - Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono didampingi jajarannya melakukan pemantauan dan mengecek kondisi tanggul sungai Cabean, Dukuh Weru, Desa Tlogoweru, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Sabtu (3/12/2022).


Kapolres yang didampingi pula Forkopimca Guntur melihat langsung keadaan tanggul serta keadaan sisi dalam sungai tersebut.


"Kami lihat kondisi tanggul sungai sudah di perbaiki dengan meninggikan tanggul menggunakan alat berat dan memasang trucuk pohon kelapa. Diharap masyarakat tidak membuat sodetan agar tanggul sungai Cabean tidak jebol," ujarnya.


Kapolres menjelaskan, tujuan dilakukan pengecekan tanggul sungai Cabean untuk mengatisipasi sejak dini ancaman bahaya banjir saat datangnya musim hujan. Pihaknya akan selalu bekerjasama dengan pihak terkait dalam meminimalisir terjadinya banjir akibat tanggul sungai jebol. 


Dikatakannya, pada 9 Januari 2022 pernah terjadi jebolnya tanggul sungai Tuntang di Desa Trimulyo, Kecamatan Guntur, yang mengakibatkan pemukiman dan persawahan terendam banjir.


"Hampir tiap tahun, air meluap dari sungai Cabean dan sungai Tuntang hingga terjadi banjir yang menggenangi beberapa wilayah Desa di Kecamatan Guntur. Mudah-mudahan, ancaman bahaya banjir dengan datangnya musim hujan kali ini, tidak terjadi khususnya di wilayah Guntur dan Kabupaten Demak pada umumnya," tandasnya.


Sementara Kepala Desa Tlogoweru, Jariyanto menjelaskan, bahwa tanggul sungai cabean di sisi kanan sudah dilaksanakan perbaikan perbaikan oleh pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), yang pengerjaannya dimulai pada tabggal 21 sampai 27 November 2022 .


"Untuk perbaikan tanggul saat ini bersifat sementara dalam bentuk peninggian tanggul dengan timbunan tanah sepanjang 50 meter, tinggi  tanggul 1,5 meter dan lebar 1,5 meter. Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya tanggul jebol akibat curah hujan tinggi dan derasnya arus air yang melintas tanggul tersebut. jelasnya.(Aris)