Masalah Penanggulangan Sampah, Kecamatan dan Desa Pabuaran Gelar Sosialisasi -->

Header Menu

Masalah Penanggulangan Sampah, Kecamatan dan Desa Pabuaran Gelar Sosialisasi

Rabu, 11 Januari 2023


KAB. SERANG,MATALENSANEWS.com-Saat ini Sampah telah menjadi masalah yang harus ditangani, salah satunya di Kecamatan Pabuaran, kabupaten Serang.Nampak tumpukan sampah yang dibuang dipingir jalan raya oleh pihak tak bertanggung jawab .


Untuk permasalahan tersebut, Pemerintah Kecamatan Pabuaran menggelar sosialisasi terkait penanganan sampah yang langsung dipimpin Camat Pabuaran H.Idham Danal.


Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Desa, BPD, Karang Taruna serta aparat lainnya diaula Kantor Kecamatan Pabuaran , Kabupaten Serang, Banten, Rabu (11/1/2023).


Dalam Hal ini, Camat Pabuaran H. Idham Danal menuturkan, kegiatan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut Perbup terkait pelimpahan kewenangan Pembuangan sampah-sampah oleh Kecamatan yang dikeluarkan Bupati.


Inti dari rapat ini adalah membentuk kesepakatan bersama terkait peraturan pengelolaan sampah yang sudah dibuat oleh pihak Kecamatan .


"Kami sudah membentuk aturan dengan membentuk petugas atau tenaga untuk kebersihan, pelaksana dan supir-supir sudah Kami siapkan. Bahkan petugas sudah pada jalan untuk menyisir pembuangan sampah yang ilegal di jalan utama. Ini juga untuk membuat kenyamanan masarakat dan Pejabat yang akan lewat ke Wilayah Pabuaran," jelasnya.


Lanjut Camat, setelah sosialisasi ini diharapkan Desa dapat mensosialisasikan kembali kepada perangkat Desa seperti RT/RW dan Masyarakat bahwa nantinya terkair pembuangan sampah akan diambil alih Kecamatan bukan dari Dinas Lingkungan Hidup.


Nanti Masyrakat perhari atau dua hari diminta menyimpan sampahnya dan dibungkus dengan Pelastik serta di tempatkan wadah sampah dipinggir jalan rumahnya."Nanti Kami petugas dari Kecamatan akan mengambil sampahnya dengan motor Cator," Ucapnya.


Camat berharap dengan pelimpahan kewenangan sampah kepada Kecamatan, Masyarakat dapat memahami tentang prilaku kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.


Sehingga akan menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman.Kecamatan juga akan menindak bersama, terkait pembuangan sampah ilegal baik di pinggir jalan maupun di Kali atau sungai.(Ade Bahawi)