Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Sabtu, 11 Februari 2023, 2:57:00 PM WIB
Last Updated 2023-02-11T07:57:01Z
NEWSNews BERITA PERISTIWA

Pilot dan Penumpang Pesawat Milik Susi Air itu Disandera Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) di Nduga

Advertisement


TIMIKA,MATALENSANEWS.com-Pesawat Susi Air milik Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti pada 7 Februari kemarin mengalami lost contact pukul 6.35 WIT di Bandara Paro ketika melaksanakan penerbangan rute Timika - Paro – Timika. Menanggapi hal ini melalui akun Twitter pribadinya Susi meminta doa agar pilot dan penumpang selamat.


"Mohon doakan dan dukungannya. Dengan segala kerendahan hati dan atas nama kemanusiaan ..Kami mohon keselamatan pilot & penumpang PK BVY." cuit Susi Pudjiastuti lewat akun Twitter-nya @susipudjiastuti, Selasa, 7 Februari 2023.


Sebelumnya diketahui bahwa pilot dan penumpang pesawat milik Susi Air itu disandera oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) di Nduga, Papua. 


Mereka adalah Kapten Philip Marthens dan lima penumpang Susi Air yakni Demanus Gwijangge, Minda Gwijangge, Pelenus Gwijangge, Meita Gwijangge, dan Wetina W. Hingga saat ini keberadaan pilot masih belum bisa ditemukan sedangkan penumpang pesawat Susi Air PK-BVY berhasil dievakuasi.


Pesawat tersebut membawa lima penumpang dan barang bawaan dengan muatan 452 kilogram. Setelah dua jam mendarat di Bandara Paro, Nduga, Papua, tiba-tiba pesawat mengalami hilang kontak.


Ini bukan pertama kalinya pesawat Susi tertimpa musibah, sebelumnya pada 2022 pesawat maskapai milik Susi ini jatuh di Papua, saat itu tidak ada korban jiwa. Hal ini disampaikan Susi melalui akun Twitter peribadinya juga.


“Update info: Jam 09:00 Captain Pilot & Semua penumpang Selamat. Mohon doa semua proses evakuasi dari Lokasi bisa lancar dan mudah," cuit Susi melalui laman Twitter pribadinya, @susipudjiastutipada, Kamis pagi, 23 Juni 2022.


Pesawat jenis Pilatus Porter PC-6 dengan nomor penerbangan PK- BVM itu dikabarkan jatuh saat akan terbang dari Timika menuju Duma hari ini sekitar pukul 05.54 WIT.


Menurut data Basarnas pada saat itu, ada tujuh orang di dalam pesawat tersebut. Mereka antara lain bernama Captain Doyle Peter (pilot), Lukas Dimpau, Seru warkus Diabelu, Leo Pimpiau, Philipus Dimpau, Ficken Dimpau, dan Melina Dimpau.


Kepala Kantor SAR Timika, George L. Mercy Randang, mengatakan bahwa titik koordinat jatuhnya pesawat Susi Air. "Koordinat 04°02' 54.00"S / 136° 43' 0600E, jarak 38 miles, radius 343.81° dari Timika.(Redaksi)