Siagakan Ratusan Personel, Polda Jateng Siap Amankan Pertemuan Menteri Ekonomi Asean di Semarang -->

Header Menu

 


Siagakan Ratusan Personel, Polda Jateng Siap Amankan Pertemuan Menteri Ekonomi Asean di Semarang

Selasa, 15 Agustus 2023


SEMARANG|MATALENSANEWS.com - Polda Jateng menggelar apel kesiapan pengamanan kegiatan Asean Economic Ministers And Related Meetings (AEM)  di wilayah Semarang Jawa Tengah yang akan dilaksanakan  tanggal 17- 22 Agustus 2023.


Apel gelar pasukan dilaksanakan di halaman kantor Gubernur Jawa Tengah dipimpin langsung Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi didampingi sejumlah pejabat termasuk Wagub Jateng, Taj Yasin Maimoen. 


Sejumlah 781 personel multi fungsi mengikuti kegiatan tersebut termasuk penjinak bom (Jibom), satwa K-9 hingga personel kesehatan yang melibatkan tim nakes dari stakeholder terkait


Dalam arahannya Kapolda Jateng menjelaskan apel gelar pengamanan digunakan untuk konsolidasi kesiapan pengamanan kegiatan AEM tersebut.


"Sebagai mana perintah Kapolri, Polri bersama TNI dan stakeholder yang lain ikut serta dalam rangka mendukung pengamanan even nasional maupun internasional," ujar Kapolda Jateng saat memimpin apel, Selasa (15/8/2023)


Irjen pol Ahmad Luthfi menambahkan bahwa kegiatan pengamanan pertemuan menteri  ini merupakan kedua kalinya setelah kegiatan di Magelang beberapa waktu lalu.


"Pengamanan dilakukan baik secara tertutup maupun terbuka ada juga yang melekat pada subyek maupun obyek semuanya lengkap termasuk dari Jibom brimobda Polda Jateng," imbuh Kapolda.


Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin mengapresiasi dan mendukung  kesiapan pengamanan jajaran kepolisian dalam kegiatan Asean Economic Ministers (AEM) di Wilayah Jawa Tengah. 


"Pengamanan tadi sudah dilakukan jajaran kepolisian bersama pihak terkait, kita sifatnya hanya mendukung karena ini merupakan kegiatan dari pemerintah pusat," Ujar Taj Yasin


Dalam rangka mengenalkan potensi yang ada di wilayah Jawa tengah pihaknya juga akan melakukan promosi di event tersebut. Nantinya, Pemprov Jateng tidak hanya menawarkan sejumlah potensi pariwisata tapi juga potensi UMKM yang selama ini sudah terdata dari dinas perdagangan dan koperasi ditambah produk Halal yang dikelola UMKM.


Sekretariat Direktorat Jenderal (Ditjen) Perundingan Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan (Kemendag), Ari Satria menambahkan, dalam even internasional itu akan digelar sejumlah even tambahan termasuk pengembangan ekonomi digital di kawasan Asean dan launching penjualan online tingkat Asean.


"Dalam pertemuan Asean Economic Ministers And Related Meetings nanti, dari Indonesia akan dihadiri Menteri Perdagangan dan Menteri Investasi," pungkasnya.(GT)