Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


Minggu, 29 Oktober 2023, 3:03:00 PM WIB
Last Updated 2023-10-29T08:03:54Z
BERITA PERISTIWANEWS

Kebakaran Hutan dan Lahan Gunung Berapi Belum Berhasil Dipadamkam, Kini Merambah Wilayah Boyolali

Advertisement

 


Boyolali|MATALENSANEWS.com- Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Gunung Merbabu, Jawa Tengah, hingga malam ini belum berhasil dipadamkan. Kobaran api kini juga sudah merembet membakar hutan di wilayah Boyolali.


"Sampai saat ini iya (sudah merembet ke wilayah Boyolali)," kata Kepala Resort Ampel, Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Ekowati Murwaningsih, Sabtu (28/10/2023).


Dari pantauan awak media dari wilayah Desa Ngadirojo, Kecamatan Gladagsari, Kabupaten Boyolali sekitar pukul 17.00 WIB tadi, kepulan asap tampak membubung ke angkasa dari lereng Gunung Merbabu. Dari lereng bagian bawah hingga hampir sampai puncak.


Tampak pula titik api yang membara kemerahan, membakar hutan di gunung yang berada di wilayah Jawa Tengah ini.


Relawan dari Rapi, Ayub Sarjono, mengatakan kebakaran hutan Gunung Merbabu sudah merembet ke wilayah Kabupaten Boyolali.


"Sementara yang terpantau di atas Dukuh Mongkrong, Desa Jlarem (Kecamatan Gladagsari). Tapi (saat ini) api masih membara," jelas Ayub Sarjono.


Pihaknya melakukan pemantauan di Dukuh Mongkrong. Di dukuh ini juga didirikan pos pantau Karhutla Gunung Merbabu.


Menurut dia, kebakaran di atas Dukuh Mongkrong ini masih di wilayah konservasi Taman Nasional. Namun sudah mendekati lahan pertanian warga.


"Kalau untuk pemukiman warga masih aman," imbuh dia.


Dikemukakan pula, tadi pagi warga juga sudah naik untuk melakukan penyekatan, agar api tak semakin merembet yaitu dengan membuat ilaran.



Hanya saja, cuaca yang panas dan kering serta angin yang bertiup cukup kencang, sehingga api dengan cepat membesar dan merembet. Ditambah lagi, bahan bakar (semak-semak) di lokasi cukup tebal dan kering, sehingga mudah terbakar.


Diberitakan sebelumnya, kebakaran melanda hutan Gunung Merbabu. Titik awal kebakaran di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Merbabu itu diketahui di wilayah Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.


"Iya, ada dua titik api di wilayah Gedong dan Teamo," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb),Ungkap Nurpana Sulaksono.


Dua titik api kebakaran hutan Gunung Merbabu terjadi di wilayah Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Api diketahui pertama kali sekitar pukul 08.30 WIB tadi.


Ratusan petugas gabungan dari berbagai elemen dan relawan, masih berjibaku menjinakkan si jago merah. Angin yang bertiup cukup kencang dan cuaca panas membuat upaya pemadaman kesulitan. Kobaran api terus membesar dan merembet.(GT/Red)