Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Rabu, 27 Desember 2023, 3:49:00 PM WIB
Last Updated 2023-12-27T08:49:51Z
LENSA POLITIKNEWS

Kenaikan Elektabilitas Prabowo-Gibran Pasca Debat Cawapres: Analisis dan Strategi Tim Kampanye Salatiga

Advertisement


Salatiga|MATALENSANEWS.com-Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Kota Salatiga merespons positif hasil survei Lembaga Indikator Politik periode 23-24 Desember 2023. 


Survei tersebut menunjukkan adanya kenaikan elektoral bagi pasangan Prabowo-Gibran setelah debat cawapres pada 22 Desember yang lalu.


Menurut Ketua TKD Koalisi Indonesia Maju (KIM) Kota Salatiga, Yuliyanto, hasil survei yang menempatkan paslon nomor 02 dengan angka 46,7% memberikan energi positif. 


Dia menyatakan, "Jadi, tinggal 4 persen saja Prabowo-Gibran bisa menang satu putaran. Itu menambah optimisme kami dan mencerminkan pilihan warga Indonesia ke 02."


Yuliyanto juga menambahkan bahwa peningkatan potensi suara untuk Prabowo-Gibran, terutama setelah debat kedua, tampaknya membuat pemilih Presiden Jokowi beralih mendukung Gibran. 


Menurut analisis KIM Salatiga, pasangan nomor urut 02 berkomitmen untuk meneruskan program-program yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi.


Dia juga menyoroti bahwa pengetahuan masyarakat tentang visi dan misi pasangan Prabowo-Gibran semakin meningkat. Hal ini, ditambah dengan kecenderungan pemilih untuk mendukung pihak yang dianggap akan menang, memberikan dorongan tambahan bagi kenaikan angka elektabilitas pasangan tersebut pasca debat.


Yuliyanto menekankan bahwa Gibran Rakabuming Raka mampu tampil unggul dalam debat yang diadakan oleh KPU. Meskipun ada pernyataan yang menyebut bahwa Gibran tidak mampu, hal itu dianggap sebagai narasi dari para elite partai saja.


Terkait minat masyarakat untuk menonton debat, Yuliyanto menyatakan bahwa sebagian besar masyarakat tidak begitu berpengaruh terhadap pilihan melalui debat. Meskipun begitu, KIM Salatiga secara rutin mengadakan kegiatan nonton bareng debat capres-cawapres untuk memperluas pemahaman masyarakat terhadap visi-misi para kontestan. 


Tujuannya adalah agar pemilih yang belum menentukan pilihan dapat lebih memahami dan peduli terhadap politik.


Hasil survei Indikator Politik menempatkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024 jika pemilihan dilakukan pada 24 Desember. Paslon 03 Ganjar-Mahfud meraih angka 24,5% sebagai peringkat kedua, sementara paslon 01 Anies-Muhaimin menempati urutan ketiga dengan angka 21,0%.(GT)