Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Senin, 11 Desember 2023, 6:31:00 PM WIB
Last Updated 2023-12-11T11:31:14Z
BERITA KOTANEWS

Tiga Warga Kota Semarang Positif COVID-19, Wali Kota Ita: Perintahkan Langkah Mitigasi dan Kembali Siaga

Advertisement

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu

Semarang|MATALENSANEWS.com-Tiga warga Kota Semarang dinyatakan positif COVID-19, mengundang perhatian serius dari Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang akrab disapa Mbak Ita. Ia meminta jajarannya untuk segera mengambil langkah mitigasi guna mencegah peningkatan jumlah kasus.


"Perkembangan kasus COVID di Kota Semarang ini ada tiga," ungkap Ita kepada awak media di Jalan Pemuda, Semarang, Senin (11/12/2023). Ketiga pasien tersebut, semuanya adalah wanita, berasal dari Kecamatan Mijen, Tembalang, dan Banyumanik.


Salah satu di antara mereka, yang berasal dari Mijen, memiliki riwayat perjalanan ke Singapura, sementara dua lainnya memiliki kontak erat dengan individu yang juga memiliki riwayat perjalanan ke negara tersebut.


"Saat ini seluruh pasien sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Mereka sudah mengikuti protokol kesehatan dan mendapatkan perawatan yang sesuai dengan standar operasional yang ada," tambah Ita.


Menyikapi peningkatan kasus, Ita meminta jajarannya kembali waspada. Dia juga akan mengumpulkan timnya untuk membahas masalah ini secara lebih mendalam.


"Kami akan memantau kedatangan masyarakat dari luar negeri. Jika ada gejala, mereka akan segera diuji dan Dinas Kesehatan akan mempersiapkan ruang isolasi di rumah sakit serta menyediakan alat pemeriksaan antigen dan PCR," terangnya.


Selain itu, Ita juga meminta adanya pelacakan terhadap individu yang memiliki kontak erat dengan ketiga wanita yang terjangkit COVID-19. Ia juga akan memantau warga Kota Semarang yang baru saja pulang dari luar negeri.


"Jika ada gejala demam, mereka diminta untuk menggunakan masker dan menjalani protokol kesehatan seperti cuci tangan, menjaga jarak, terutama di fasilitas kesehatan," tutupnya.(Djoko S)