Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Kamis, 28 Maret 2024, 12:25:00 PM WIB
Last Updated 2024-03-28T06:28:59Z
BERITA UMUMNEWS

Polda dan Lanal Ternate Maluku Utara Buka Suara Soal Termuat BBM di Kapal Tengker, Begini Penjelasannya

Advertisement


TERNATE | MatalensaNews.com, – Direktorat Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Maluku Utara benarkan adanya Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Dexlaiet milik mereka itu sebanyak 20 ton, 400 liter itu dimuat dari kota Ternate.


Dirpolairud Polda Maluku Utara, Kombes Pol Hariyatmoko didampingi Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ternate, Kolonel Marinir Ridwan Aziz dan Kabid Humas Polda Maluku Utara, AKBP Bambang Suharyono.


Menurut Kombes Pol Hariyatmoko, BBM jenis Dexlaiet dengan jumlah 20 ton 400 liter ini diambil dari Ternate.


BBM ini diperuntukkan untuk Bahan Bakar di kapal Gamalama milik Ditpolairud yang saat ini posisinya di Pulau Obi.


BBM tersebut diangkut mengunakan kapal SPOB RIMAS dari perairan Jambula Ternate Pulau dan menuju ke Pulau Obi.


“Pertamina menunjuk PT.Harter untuk menjadi transportir minyak miliknya diperuntukkan untuk distribusi BBM,” Ucapnya. Rabu (27/3/2024) kemarin. Dalam sebuah video yang dikirim oleh  Sugandi sebagai Kasi keselamatan berlayar penjagaan dan Patroli KSOP Ternate. 


Kombes Pol Hariyatmoko menyebut, kapal ini diangkut BBM milik Ditpolairud dan juga dangkut BBM jenis minyak tanah dengan jumlah 395 ton. Kapal tersebut lalu berangkat dan tepat di perairan Pigaraja, Halmahera Selatan berjumpa dengan kapal KRI Madidang 855 milik Kaormada III TNI-AL hombase di Sorong.


Dari situ sehingga kapal KRI ini langsung melakukan pengecekan ke kapal Spob Rimas dari hasil pengecekan semuanya lengkap tidak ditemukan adanya indikasi pelanggaran dan diizinkan berlayar lagi.


“Sekarang kapal sudah berada di Pulau Obi. Jadi soal penangkapan Kapal Tengker Bermuatan BBM tersebut tidak benar. Namun hanya diperiksa kelengkapan berkas dan itu semua sudah lengkap,” tuturnya.


Selanjutnya Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Ternate, Kolonel Marinir, Ridwan Aziz membenarkan adanya pemeriksaan dokumen-dokumen perlengkapan kapal tersebut.



Menurutnya Pemeriksaan yang dilakukan pihak keamanan laut gugus di biak dengan KRI Madidang 855 kebutulan mereka melakukan patroli dan penertiban di laut.


“Pada saat berdepatan dengan mereka langsung periksa dan membawa kapal tersebut ke Posal Bacan.


Dari situ mereka periksa admistrasi milik kapal Spob Rimas, dokumen nya lengkap, dan BBM semuanya dinyatakan aman kelir,” katanya.


Terpisah. Sugandi sebagai Kasi keselamatan berlayar penjagaan dan Patroli KSOP Ternate menyampaikan via pesan WhatsApp pada awak media ini. Kamis ( 28/3/2024).


Menurutnya, Saat ini KSOP Ternate sudah melayani SPB dengan Online melalui inaportnet, jadi prosedurnya sudah terpenuhi semuanya." Singkatnya. (Jek/Red)