Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Rabu, 17 April 2024, 7:09:00 AM WIB
Last Updated 2024-04-17T00:09:37Z
LENSA POLITIKNEWS

Bawaslu RI Siap Awasi Pilkada November, Mulai Evaluasi Anggota Panwas Pemilu 2024

Advertisement


MATALENSANEWS.com-
Bawaslu RI telah memulai persiapan untuk pengawasan Pilkada yang akan berlangsung pada bulan November mendatang. Salah satu langkah yang dilakukan adalah melakukan evaluasi terhadap anggota panitia pengawas (panwas) Pemilu 2024,Rabu (17/4/24).


Menurut pernyataan Bagja, seorang perwakilan Bawaslu, proses evaluasi tersebut bertujuan untuk menilai produktivitas panwas dalam menyelenggarakan tahapan pemilu sebelumnya. Jika kinerjanya tidak optimal, ada kemungkinan anggota panwas tersebut akan diganti atau melalui proses seleksi kembali.


Evaluasi dan seleksi tersebut didasarkan pada Pasal 90 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Panwas kecamatan, desa/kelurahan, dan luar negeri diharapkan tetap bekerja hingga dua bulan setelah pemilu selesai, yang berarti hingga Desember 2024. Hal ini karena pelantikan pejabat terpilih hasil Pemilu 2024 baru akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang.


Selain itu, Bawaslu juga akan mempersiapkan pengawasan untuk seluruh tahapan Pilkada, termasuk saat pendaftaran atau pencalonan perseorangan yang dijadwalkan pada bulan Mei mendatang. Dengan demikian, pihak Bawaslu bertekad untuk memastikan bahwa Pilkada berjalan secara transparan, adil, dan demokratis.(Farid)