Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Senin, 22 April 2024, 3:13:00 PM WIB
Last Updated 2024-04-22T08:13:27Z
BERITA POLISINEWS

Senkom Mitra Polri Mendapat Apresiasi dari Kapolda Jateng dan Siap Menjaga Kamtibmas

Advertisement


Kota Semarang|MATALENSANEWS.com- Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, memberikan apresiasi terhadap peran Senkom Mitra Polri dalam menciptakan kondusifitas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Jawa Tengah, terutama selama masa pemilu dan pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2024.


Pada Senin pagi, (22/4/2024), Kapolda menyampaikan apresiasinya ini saat menghadiri Pembinaan Senkom Mitra Polri Polda Jateng di Hotel Grasia, Kota Semarang. Acara ini dihadiri oleh Waka Polda Brigjen Pol Agus Suryo Nugroho, sejumlah Pejabat Utama (PJU) Polda Jateng, Ketua Umum Senkom Mitra Polri Pusat K.P.H. Katno Hadi, serta para komandan wilayah Senkom Mitra Polri dari berbagai kabupaten dan kota beserta anggotanya.


Dalam suasana yang akrab dan santai, acara ini juga menjadi momen Halal Bihalal dan silaturahmi antara Irjen Pol Ahmad Luthfi dengan seluruh personil Senkom Mitra Polri. Kapolda juga dengan ramah menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh komandan wilayah Senkom Mitra Polri dan anggotanya.


"Saya ucapkan terima kasih kepada Senkom Mitra Polri atas peran mereka dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif," ujar Kapolda.


Dalam arahannya, Kapolda menjelaskan bahwa peran Senkom Mitra Polri sangatlah penting dalam mendukung tugas-tugas kepolisian sebagai bagian dari pengamanan swakarsa. Sejak tahun 2004, Senkom Mitra Polri sebagai bagian dari Kelompok Sadar Kamtibmas telah menjadi mitra Polri yang memiliki peran vital sebagai garda terdepan dalam mendeteksi permasalahan sosial di wilayahnya.


Menurut Kapolda, kehadiran Senkom Mitra Polri merupakan bagian dari konsep bela negara. Mereka bukan hanya sekadar mitra, tetapi juga pelaksana kegiatan keamanan di wilayah masing-masing.


Sebagai bagian dari Kelompok Sadar Kamtibmas, Senkom Mitra Polri juga bertugas untuk mewakili Polri dalam menyampaikan informasi dan kebijakan terkait kamtibmas di wilayahnya masing-masing. Kapolda menekankan pentingnya agar setiap anggota Senkom Mitra Polri menjadi contoh yang baik bagi masyarakat di wilayahnya.


"Setiap anggota Senkom Mitra Polri harus menjadi panutan bagi masyarakat di wilayahnya, baik dari segi sikap, penampilan, maupun perilaku. Mereka harus lebih baik daripada masyarakat di wilayahnya," tegas Kapolda.


Selain itu, Senkom Mitra Polri juga berperan sebagai perwakilan masyarakat ketika terjadi laporan permasalahan sosial di wilayahnya. Mereka bertugas sebagai penengah dan penyambung lidah antara masyarakat dan pihak kepolisian.


Ketua Umum Senkom Mitra Polri Pusat, Kanjeng Pangeran DR. H. Katno Hadi, S.E., M.M., M.H., menyatakan apresiasinya kepada Kapolda Jateng dan seluruh jajaran Senkom Mitra Polri atas komitmen mereka dalam membantu upaya Polri, terutama Polda Jateng, dalam menjaga kamtibmas.


"Kami, beserta seluruh anggota Senkom Mitra Polri, siap membantu sepenuh hati pelaksanaan tugas Polri di lapangan dalam upaya menjaga kamtibmas, terutama di wilayah Jawa Tengah," ungkapnya.(Farid)