Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Candi 2019 di Lapangan Polres Salatiga -->

Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Candi 2019 di Lapangan Polres Salatiga

Wednesday, October 23, 2019, October 23, 2019
MATALENSANEWS.com-Salatiga, Bertempat di Lapangan Upacara Polres Salatiga telah berlangsung acara,'Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Candi 2019 Polres Salatiga'. Bertindak sebagai Pimpinan Apel, Kapolres Salatiga (AKBP Gatot Hendro Hartono, SE,. M.Si) dan Komandan Apel AKP Heri Sumiarso, SH, MH (Kasat Lantas Polres Salatiga),Rabu (23/10/2019).

Acara ini diikuti lebih kurang 250 orang yang dimulai pada pukul 07.30 WIb,sampai dengan  pukul 08.00 WIB.Turut hadir dalam kesempatan tersebut :Kapolres Salatiga (AKBP Gatot Hendro Hartono SE.,M.Si.), Wakapolres Salatiga (Kompol Kristanto Budi Nur Setiya, S.Sos),Sekretaris Daerah Kota Salatiga (Drs. Fahrurozi),Dandim 0714 Kota Salatiga (Letkol Inf Prayogha Erawan), Ketua Pengadilan Negeri Salatiga yang diwakili oleh Panitera (Istiko Dwi Widodo SH.,MH),Plt. Kajari Salatiga (Martha Parulina Berliana, SH., MH),Wadandenpom IV - 3 Salatiga (Mayor CPM Hutasuhut), Ka Dishub Salatiga yang diwakili oleh (Sudarso),Ka Satpol PP Salatiga (Drs. Yayat Nurhayat, S.IP) dan PJU Polres Salatiga.

Adapun peserta dalam Apel Gelar Pasukan tersebut adalah Perwira Polres Salatiga, Denpom Salatiga,Kodim 0714/ Salatiga, Dalmas Sat Shabara Polres Salatiga,Sat Lantas,Gabungan Staf Polres Salatiga, Bhabinkamtibmas, Sat Reskrim, Sat Intelkam,ASN  Polres Salatiga, Dishub Salatiga,Satpol PP serta Ranmor.

Rangkaian Acara Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Candi 2019 sebagai berikut : Menyanyikan Mars Polri,Penghormatan Pasukan kepada Pimpinan Apel,Laporan Komandan Upacara dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan,Pemasangan Pita Tanda Operasi, Amanat Pimpinan Apel, Andika Bhayangkari,Pembacaan doa, Penutup.

Dalam inti amanat Kapolda Jawa Tengah yang dibacakan oleh Pimpinan Apel mengatakan, Apel gelar pasukan Operasi Zebra Candi tahun 2019 dilaksanakan secara serentak di Jajaran Polda Jawa Tengah. Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk kesiapan dan tanggungjawab kita untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di Wilayah Hukum Polda Jawa Tengah. Apel gelar pasukan ini menjadi checking terakhir untuk persiapan dan kesiapan personel yang akan melaksanakan Operasi Zebra Candi 2019, termasuk kesiapan sarana dan prasarana pendukungnya.

Kelancaran lalu lintas sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian yang dapat menunjang pembangunan nasional. Sedangkan beberapa permasalahan lalu lintas yang saat ini dihadapi antara lain : bertambahnya jumlah kendaraan, kurang memadainya angkutan massal, pertumbuhan infrastruktur jalan yang rendah, serta rendahnya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu - lintas. Hal yang perlu menjadi perhatian serius kita adalah meningkatnya pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas, terutama yang mengakibatkan korban jiwa dan kerugian materiil. Berdasarkan hasil analisa dan evaluasi selama tahun 2019 (Januari s. d September), jumlah kecelakaan lalu lintas di Wilayah Polda Jawa Tengah sebanyak 19.262 kejadian, dengan rincian korban meninggal dunia mencapai 3.167 orang, sedangkan jumlah pelanggaran lalu lintas mencapai 1.507.023 pelanggaran.

Terkait dengan tingginya tingkat kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas tersebut, serta dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan kamseltibcarlantas pasca pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih tahun 2019, maka kita akan melaksanakan operasi kewilayahan Zebra Candi 2019 secara serentak selama 14 hari kedepan terhitung mulai hari ini tanggal 23 Oktober 2019 s. d tanggal 5 November 2019.

Sedangkan pencapaian tujuan operasi Zebra Candi 2019 adalah sebagai berikut : Meningkatkan ketertiban dan kepatuhan serta disiplin masyarakat dalam bentuk berlalu lintas khususnya terkait administrasi kendaraan bermotor sesuai dengan undang-undang yang berlaku, Meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, melalui upaya penegakkan hukum dengan berbasis IT, guna meminimalisir jumlah pelanggaran lalu lintas dan angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah hukum polda Jateng,Terciptanya situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan dan rawan pelanggaran di wilayah hukum Polda Jateng.

Guna mendukung keberhasilan operasi ini, pada prinsipnya operasi ini bersifat terbuka dalam bentuk operasi harkamtibmas di bidang lalu lintas yang dilaksanakan dengan mengedepankan penegakan hukum secara humanis, modern, dan berbasis elektronik, serta selektif prioritas dengan didukung kegiatan preemtif dan preventif guna terciptanya kamseltibcarlantas khususnya di wilayah Jawa Tengah.

Beberapa penekanan agar menjadi atensi diantaranya :
1) Siapkan mental fisik serta disiplin untuk melaksanakan operasi;
2) Hindarkan tindakan yang arogan yang tidak mencerminkan seorang pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat;
3) Berperilaku simpatik namun tegas serta tidak mencari-cari kesalahan para pelanggar, utamakan pelayanan prima yang anti kkn dan anti kekerasan selama melaksanakan tugas;
4) Lakukan koordinasi dan kerja sama yang baik dengan seluruh instansi terkait, media massa (cetak / elektronik) dan seluruh komponen masyarakat, sehingga tercipta sinergis, keterpaduan dan kebersamaan yang tinggi dalam menciptakan keselamatan, keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas;
5) Jangan lupa berdoa untuk kelancaran pelaksanaan tugas kita guna terwujudnya kamseltibcar lantas di wilayah Jawa Tengah.

Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Candi 2019 di lapangan Polres Salatiga ini, berlangsung dalam keadaan tertib dan aman.(Guntur)

TerPopuler