Letusan Awan Panas di Gunung Merapi, BPPTKG Himbau Masyarakat Jangan Panik -->

Letusan Awan Panas di Gunung Merapi, BPPTKG Himbau Masyarakat Jangan Panik

Monday, October 14, 2019, October 14, 2019
MATALENSANEWS.com-Yogyakarta,
Telah terjadi letusan awan panas di Gunung Merapi. Letusan awan panas tersebut berlangsung sekitar 270 detik dengan tinggi kolom kurang lebih 3.000 meter dari puncak tulis BPPTKG dalam akun Twitter resminya @BPPTKG, Senin (14/10/2019).

Awan panas letusan terjadi pada pukul 16.31 WIB. Berdasarkan seismogram diketahui amplitudonya 75 mm dengan arah angin tertiup ke barat daya.Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida, memberikan penjelasan soal awan panas letusan Gunung Merapi sore tadi. Ia memastikan status Gunung Merapi belum berubah, masih Waspada.

Untuk arah letusan Gunung Merapi yang terjadi adalah lontaran ke segala arah, tapi untuk abu teridentifikasi adanya (seburan) abu sampai jarak sekitar maksimal 25 kilometer dengan intensitas tipis.

Di antara rekomendasi BPPTKG meminta tidak ada aktivitas manusia di jarak tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. Hanik juga mengimbau masyarakat sekitar untuk tidak panik karena tidak ada perubahan status di gunung yang ada di wilayah DIY-Jateng ini.(Marino)

TerPopuler