Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2019 Dengan Tema Santri Unggul Untuk Perdamaian Dunia -->

Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2019 Dengan Tema Santri Unggul Untuk Perdamaian Dunia

Tuesday, October 22, 2019, October 22, 2019
MATALENSANEWS.com-Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019 ini maka Keluarga Besar Nahdlatul Ulama Kota Salatiga menggelar berbagai rangkaian kegiatan yang meliputi, Khitanan Massal dan Pengobatan Gratis Medis dan Non Medis,Senin (22/10/2019).

Kegiatan ini adalah bagian pembuka dan manifestasi selamatan karenanya telah terselenggara secara sukses pada hari Sabtu, 12 Oktober 2019 sejak pukul 07. 00 s/d 17.00 WIB di Gedung RA Ma'arif Pulutan Sidorejo, Salatiga, kegiatan ini diikuti oleh peserta Khitanan anak anak berjumlah 35 Peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Kota Salatiga.

Kegiatan pengobatan gratis ini diikuti oleh ratusan Masyarakat dari berbagai Wilayah Kota Salatiga.Dalam kegiatan ini dilakukan oleh team medis dari IDNU (Ikatan Dokter Nahdlatul Ulama) PC NU Kota Salatiga bekerjasama dengan  Tim Avengers UGD RSUD Kota Salatiga.Adapun tenaga Non Medis adalah dari Team Kasepuhan Pengurus Pagar Nusa NU kota Salatiga.
Pada saat masyarakat mengikuti acara ini maka diperkenankan untuk memilih pelayanan antara Medis dan Non Medis sesuai dengan keinginan dan keluhan yang dirasakan.

Bhakti Sosial dan Subsidi Air Bersih
Kegiatan ini telah berlangsung secara sukses pada hari Rabu, 16 Oktober 2019 yaitu Panitia telah mendistribusikan secara gratis 100 tangki air bersih (1 tangki berisi 5000 Liter) di Dukuh Belom Kelurahan Randuacir dan Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga.

Pengajian Akbar sekaligus Pengukuhan dan pelantikan Pengurus Cabang Fatayat NU Kota Salatiga dan Pengurus Cabang Pagar Nusa NU Kota Salatiga masa khidmad 2019 - 2024.Acara ini telah berlangsung secara sukses dan meriah pada Hari Sabtu 19 Oktober 2019 jam 19. 30 s/d 24.00 WIB di Masjid Agung Darul Amal Kota Salatiga.
Pengajian diisi oleh KH. Abdullah Sa'ad  pengasuh Ponpes Al Inshof Karanganyar.
Adapun yang melantik dan mengambil sumpah Pengurus PC Fatayat NU  adalah Pengurus Fatayat NU Wilayah Jawa Tengah sedangkan PC Pagar Nusa dilantik dan disumpah oleh Pengurus Cabang NU Kota Salatiga.

Prosesi pelantikan dan Pengajian akbar berlangsung di Lantai 2 Masjid Agung Darul Amal  Salatiga dengan dihadiri oleh seluruh jajaran Pengurus PC NU Kota Salatiga, Pengurus Badan Otonom PCNU Kota Salatiga, Forkominda Kota Salatiga dan ribuan santri muslimin muslimat Kota Salatiga

Lomba MTQ, MQK, Khitobah, Paduan Suara Shubanul Waton & Kaligrafi.Acara ini sudah berlangsung secara sukses pada hari Minggu, 20 Oktober 2019 yang berlangsung secara serentak di tiga tempat yaitu di Pendopo Mapolres Salatiga, Aulia Kampus IAIN Salatiga dan Masjid Agung Darul Amal Kota Salatiga.Acara lomba-lomba ini diikuti oleh para santriwan - santriwati Pondok Pesantren yang ada di Kota Salatiga serta diikuti pula oleh lapisan  masyarakat luas.

Upacara Hari Santri Nasional 2019 sekaligus Pengukuhan SAKO (Satuan Komunitas) Pramuka Sekolah Ma'arif NU se Kota Salatiga.Acara ini akan digelar pada puncak Hari Santri Nasional yang akan jatuh  pada hari Selasa 22 Oktober 2019 dimulai Pukul 07.00 WIB yang berlangsung  di Lapangan Klumpit, Sidorejo Kidul, Kota Salatiga.

Kegiatan Upacara diawali dengan sajian Drumband dari MI Ma'arif Pulutan. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Bapak Walikota Salatiga H. Yulianto, SE,MM
Pasukan Pengibar Bendera Paskibra SMK Diponegoro Salatiga. Peserta Upacara adalah segenap Jajaran Pengurus NU Kota Salatiga mulai dari Pengurus anak ranting, Pengurus Ranting, Pengurus Anak Cabang dan semua tingkatan Pengurus Badan Otonom NU Kota Salatiga serta diikuti pula sekitar 4000 santriwan dan santriwati dari berbagai Pondok Pesantren yang ada di Kota Salatiga.

Setelah upacara dilanjutkan dengan :
1. Pengukuhan SAKO Pramuka yang akan dilakukan oleh Pembina Pramuka kota Salatiga Bapak ADHI ISNANTO dan Ketua Tandfidziyah NU Kota Salatiga
2. Penyerahan secara simbolis Mobil operasional PC NU Kota Salatiga oleh Fraksi PKB Kota Salatiga kepada Ketua Tandfidziyah NU Kota Salatiga.
3. Atraksi kebudayaan yaitu :
a. Atraksi Pencak Silat Pagar Nusa
b. Atraksi Perfomce Art Tari Topeng Ireng dari SMK Diponegoro Kota Salatiga.

Puncak rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional keluarga Besar NU Kota Salatiga adalah akan digelar HALAQOH dengan menghadirkan Pembicara Prof. Dr. Abdul Djamil. (Guru Besar UIN Walisongo Semarang) dan akan dipandu oleh Budayawan PRI. GS.

Rangkaian kegiatan ini di selenggarakan oleh Keluarga Besar NU Kota Salatiga adalah untuk menyemarakan peringatan Hari Santri Nasional yang diperingati secara Nasional di seluruh Indonesia,
kegiatan ini digagas guna memperingati peran besar kaum kiai dan  kaum santri dalam perjuangan melawan penjajahan bangsa asing hingga tercetus resolusi jihad oleh Mbah KH Hasyim pada tanggal 22 Oktober.

Sejarah mencatat, para santri bersama dengan pejuang  bangsa lainnya memiliki peran besar dalam merebut kembali kedaulatan  negara dari kolonialisme bangsa asing.Bagi NU Kota Salatiga maka urgensi kegiatan HSN ini memiliki beberapa sasaran strategis, antara lain:
A. Sebagai media untuk memupuk rasa cinta tanah air di kalangan para santri.
B. Sebagai sarana untuk meningkatkan penghormatan kepada para ulama yang sudah berjuang secara nyata dengan mengumandangkan resolusi jihad.
C. Sebagai sarana untuk lebih meningkatkan komitmen berbangsa dan bernegara dalam bingkai NKRI
D. Sebagai sarana menangkal dan membentengi kedaulatan Negara dari bentuk radikalisme dan intoleransi yang dapat merong rong  pilar kebangsaan NKRI yg telah diperjuangkan oleh para ulama dan para pendiri bangsa umumnya.

Seluruh kegiatan ini gagas, diprakarsai dan dilaksanakan sepenuhnya oleh keluarga besar NU Kota Salatiga  juga dimaksudkan sebagai perwujudan bhakti nyata NU kepada masyarakat, bangsa, dan agama. Hal ini sesuai dengan tugas utama yang diemban oleh organisasi NU yakni menjaga urusan keagamaan _(masuliyyah diniyyah)_ dan sekaligus urusan kebangsaan _(masuliyyah wathaniyyah_).
Lebih jauh kegiatan ini dilaksanakan adalah untuk meneguhkan komitmen Ukhuwah Annahdiyah, Ukhuwah Islamiyyah, Ukhuwah Wathoniah dan Ukhuwah Basyariah yang merupakan platform Jamiah  Nahdlatul Ulama.

Ikut mensukseskan kegiatan ini seluruh Badan Otonom (BANOM)  NU Kota Salatiga yaitu GP Anshor, Fatayat NU, Muslimat NU, Banser NU, IPNU/IPPNU, Pagar Nusa, Lakpesdam NU, RMI NU, LESBUMI NU, PERGUNU, Jatman NU, SARBUMUSI, PMII, JQH NU, LPNU, LP2NU, LPBHNU, LTMNU, LP. Ma'arif NU, LKKNU, LAZIZNU dan LDNU.(Anden/Guntur)

TerPopuler