Fenomena Alam, Awan di Atas Gunung Merbabu dan Merapi Gegerkan Warga Boyolali -->

 


 


Fenomena Alam, Awan di Atas Gunung Merbabu dan Merapi Gegerkan Warga Boyolali

Thursday, October 3, 2019, October 03, 2019
MATALENSANEWS.com-Boyolali,masyarakat disekitar wilayah gunung Merbabu dan Merapi digegerkan dengan penomena alam yang nampak di atas puncak gunung Merbabu dan Merapi.Kejadian ini sempat di foto oleh Siwi pada pukul 06.00 WIB,kamis (3/10/2019).
Banyaknya warga yang melihat fenomena awan dipuncak gunung ini,ada yang takjub tetapi ada pula yang senang.Hal ini terlihat dari banyaknya warga masyarakat memanfaatkan fenomena ini buat berselfi.
Menurut Wasno Hadi Siswoyo,salah seorang warga gondang kelurahan Candi,kecamatan Ampel kabupaten Boyolali, Fenomena ini jarang sekali bisa dilihat.Bahkan kejadian ini pernah terjadi puluhan tahun yang lalu.Wasno juga berharap semoga ini pertanda baik buat wilayah Boyolali dan Indonesia pada umumnya.
Septima dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Semarang mengatakan, Lenticular Clouds (Altocumulus lenticularis atau Lenticularis stand altocumulus) merupakan sejenis awan yang unik dan biasanya terbentuk di sekitar bukit-bukit dan gunung-gunung akibat pergerakan udara di kawasan pegunungan. Awan ini dinamakan lenticularis yang artinya “berbentuk lensa”, dan biasanya cukup disebut sebagai awan ”lennies”.
"Awan aneh atau sebenarnya lenticular dapat dibedakan menjadi Altocumulus Standing Lenticularis (ACSL) yang terjadi di dataran rendah, Stratocumulus Standing Lenticularis (SCSL) pada ketinggian tingkat menengah, dan Cirrocumulus Standing Lenticularis (CCSL) pada ketinggian yang lebih tinggi dari atmosfer." (Guntur)

TerPopuler