Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Senin, 11 November 2019, 1:38:00 PM WIB
Last Updated 2019-11-11T06:38:56Z
BERITA TNI

Kodim 0718/Pati Gelar Upacara Peringati Hari Pahlawan Di Halaman Taman Makam Pahlawan Giri Dharma Pati

Advertisement
MATALENSANEWS.com-Pati,Dalam memperingati Hari Pahlawan 10 November bertempat dihalaman Taman Makam Pahlawan Giri Dharma Pati,  Wakil Bupati Pati H. Saeful Arifin SE yang bertindak sebagai Inspektur Upacara mengatakan, Peringatan Hari Pahlawan ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa para Pahlawan Kusuma Bangsa yang dengan gigih telah mempertahankan negara dari rongrongan bangsa asing,senin (11/11/19).

Turut hadir dalam acara ini,Wakil Bupati Pati, Dandim 0718/Pati, Kapolres Pati, Kajari Kab Pati, Ketua Pengadilan Negeri Pati,  Kepala Pengadilan Agama Pati, Sekda Pati, OPD Kab. Pati, Ketua Persit Kartika Candra Kira Cabang XXXIX  Dim 0718/Pati,  Wakil Ketua Bhayangkara Polres Pati,  Wakil ketua PKK Pemda Pati.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Pati membacakan Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia. Pada hari ini di seluruh pelosok tanah air dan perwakilan RI di Luar Negeri kita dapat melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November 2019 dengan khidmat.

Setiap Hari Pahlawan, kita di ingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaanya di Indonesia.

Dengan Peringatan Hari Pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang “The Founding Fathers” kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawanya dapat menjadi bangsa yang besar”.

Selain itu Peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagai tema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI.

Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata Internasional.

Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

Jangan biarkan keutuhan NKRI yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia. Jangan biarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa.
Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain. Mari kita maknai Hari Pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia Maju.

Selamat Hari Pahlawan Tahun 2019, menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu negeri. Sekali lagi jadilah Pahlawan Masa Kini yang membanggakan negeri,” pungkas Wakil Bupati  sembari menutup pembacaan Amanat Menteri Sosial. (Narto P)