Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Rabu, 20 November 2019, 6:47:00 PM WIB
Last Updated 2019-11-20T11:48:36Z
PENDIDIKAN

KOMNAS Perlindungan Anak Jawa Tengah Ikut Berpartisipasi Dalam Acara Jambore Tingkat Mi Se-Kecamatan Jambu

Advertisement
MATALENSANEWS.com-Jambore tingkat MI Se-Kecamatan Jambu dan peringataan hari Anak Universal denvan tema hari tanam pohon dilaksanakan di bumi perkemahan kampung java,Muncul.

Acara yang diprakarsai oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) tersebut dibuka pada hari Rabu, 20 November 2019 pukul 08.00 WIB, di buka oleh kepala kementerian Agama kabupaten Semarang yang diwakili oleh Pengawas Madrasah kecamatan Jambu Kasmuni, M.Pd.

Ketua KKG  Suwarto, S.Pd.i menuturkan kami Mengadakan kegiatan  jambore dibidang Kesiswaan untuk pertama kalinya. Kegiatan Jambore khusus  Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Jambu yang dilaksanakan di kampung java,Muncul.
Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk Refreshing anak-anak. kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 dan 21 November 2019. Kebetulan tanggal 20 ini yang bertepatan dengan hari anak Universal, maka kami juga mengundang dari Komnas Perlindungan Anak Jawa Tengah dan Komnas Perlindungan Anak Kab. Semarang .Dan kebetulan tanggal 21 november merupakan hari Tanam Pohona, juga nanti ada penanaman pohon.Tujuan dari kegiatan ini supaya anak dapat mengenali lingkungan lebih dekat dan mandiri. Kegiatan ini diikuti oleh penggalang MI se-Kecamatan Jambu yang dengan berlatih kemandirian ini diharapkan bisa menjadi bekal hidup anak di masyarakat.

Lebih lanjut Suwarto mengatakan “Mengapa kita memanggil Komnas Perlindungan Anak Jateng yaitu supaya anak-anak maupun guru mengetahui bahwa anak itu benar-benar dilindungi dan guru dalam mengadakan pembelajaran supaya lebih mantap untuk mentransfer ilmu. Maka dari itu salah satunya termasuk belajar di luar sekolah. Untuk kegiatan ini kami sudah izin kepada pengawas sekolah dan Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Semarang.Bahwa kegiatan  dilaksanakan jam efektif pembelajaran yang termasuk juga pembelajaran di luar  lingkungan sekolah. Semoga acara yang berlangsung ini, bisa diadakan setiap tahunnya dan menjadi salah satu kegiatan KKG di Kecamatan Jambu, supaya lebih bermutu”.

DR H Endar Susilo SH MH, ketua Komnas Perlindungan Anak Jawa Tengah, didampingi Evi Samoderawati Siwy dan Ambarwaty, anggota Komnas Perlindungan Anak Kab. Semarang, sangat mendukung dan turut hadir dalam acara yang sangat berarti bagi anak-anak tersebut.

Sementara itu, Sabar Jumaryono ST. (PLT  Ketua KKMI Kec. JAMBU) menuturkan “Kami mengucapkan terimaksih kepada Komnas Perlindungan Anak Jawa Tengah, atas kesediannya ikut berperan serta dalam kegiatan Jambore tingkat MI sekecamatan Jambu yang pertama tahun 2019.Sebagai bentuk kami  dari MI untuk mewujudkan bagimana anak-anak dapat mengenal dirinya, dapat membentengi dari orang-orang luar yang bisa mempengaruhi dari segi fisik maupun psikis.Sehingga anak nantinya akan tumbuh menjadi anak yang dewasa, beriman, kemudian nanti bisa meneruskan cita-cita para bapak-bapak bangsa”.

Pengawas Madrasah Kecamatan Jambu bapak Kasmuni M.Pdi,berharap kegiatan ini dapat memupuk silaturrahim antar sesama madrasah yang ada di Kecamatan Jambu agar nanti bisa saling taaruf atau saling mengenal. Nanti ini anak-anak bisa saling berkompetisi untuk lomba yang menyenangkan, jadi sifat lomba yang menyenangkan tidak bersifat akademik. Mungkin ada lomba-lomba memasak atau lomba renang dan lain-lain, yang membuat anak-anak cinta lingkungan.

Suratmin S.Pd, selaku Ketua Panitia menjelaskan bahwa Kegiatan Jambore se-Kecamatan Jambu bertujuan untuk silaturrahim antar MI  dan menggiatkan kegiatan pramuka.Alhamdulillah bertepatan dengan hari anak Universal jadi kami mengundang dari  Komnas PA untuk memberikan permainan atau kegiatan yang bermanfaat bagi peserta jambore ini.

Jadi intinya kami jambore untuk ukhuwah dan untuk menggiatkan kegiatan kepramukaaan dalam menanamkan jiwa cinta alam kepada anak didik kami.Jumlah peserta sekitar 200 peserta dari 8 MI dan 1 MIN (Madrasah Ibtidaiyah Negeri ) diantaranya yaitu MIN 5 Semarang, MI Al Islam Jeruk Wangi, MI Maarif Jambu, MI Kalitangi, MI Maarif Kebondalem,MI Al Islam Bedono,MI Wonokasihan dan MI Jlamprang.

Sementara itu, dalam rangka "Hari Tanam Pohon" kami bekerjasama dengan BPDAS HL ( Badan Pengelola Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Pemali Jrastun Jawa Tengah) untuk pengadakan bibit sirsat, jambu, alpokat, ace, nangka, sengon dengan jumlah 700 bibit.Lebih lanjut Suratmin berharap agar kegiatan ini dapat menumbuhkan cinta tanah air dan cinta alam.

Dalam acara ini ada penanaman pohon secara simbolis,yang dibagi per-MI di kecamatan Jambu.Ada juga yang ditanam dipekarangngannya masing-masing, tujuan lainnya yaitu untuk menggalakkan penghijauan dan penanaman seribu pohon. Ada juga yang diberikan kepada dusun Rawaboni dan diterima oleh kadus desa tersebut.(Tri)