Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Rabu, 18 Desember 2019, 3:47:00 AM WIB
Last Updated 2019-12-17T20:46:59Z
NASIONAL

Jalan Tol Pertama di Kalimantan, Diresmikan Oleh Presiden Jokowi

Advertisement
MATALENSANEWS.com-Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol pertama di Kalimantan, yaitu jalan tol Balikpapan-Samarinda di Gerbang Tol Semboja, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).

Jalan tol Balikpapan-Samarinda ini selesai dan terdiri dari seksi 2, 3, dan 4 sepanjang 58,7 kilometer. Sedangkan untuk seksi 1 dan 5 belum selesai,rencananya selesai pada 2020. 

"Untuk total panjang jalan tol diperkirakan  99,3 kilometer."

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyatakan dirinya telah menanyakan penyelesaian dua seksi jalan tol tersebut kepada Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Desi Arryani.
"Ini akan diselesaikan nanti Insyaallah April 2020," tegas Jokowi.

Pembangunan tol ini diharapkan mampu menghasilan kecepatan dan efisiensi waktu maupun materi. Dengan diresmikannya jalan tol, Balikpapan-Samarinda dapat ditempuh dalam waktu 1 jam atau 1,5 jam. Sebelum ada jalan tol, waktu tempuh dua kota itu mencapai 3 jam.

Presiden Jokowi mengatakan jalan tol ini bisa memperlancar konektivitas Samarinda-Balikpapan dan menciptakan ketersambungan. Bahkan jalan tol ini akan mendorong kawasan produksi seperti industri kelapa sawit, batubara, gas dan pertanian.

Selain itu, Jokowi menyatakan jalan tol ini mempercepat akses ke wilayah kawasan ibu kota negara. Jokowi berharap jalan menuju ibukota baru dari Balikpapan dan Samarinda dapat tersambung pada 2020.(Nug)