Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Senin, 13 Januari 2020, 1:55:00 PM WIB
Last Updated 2020-01-13T16:19:23Z
BERITA POLISI

Kapolres Salatiga Pimpin Apel Gelar Pasukan Penggelaran Sarpras dan Latihan Kontijensi

Advertisement
Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, SE, M. Si, memimpin apel gelar pasukan 
SALATIGA,MATALENSANEWS.com-Bertempat di Lapangan Bhayangkara Polres Salatiga,Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono, SE, M. Si, memimpin apel gelar pasukan penggelaran Sarpras dan latihan Kontijensi dilanjutkan simulasi penanggulangan bencana alam terpadu dalam rangka kesiap siagaan tanggap darurat bencana guna mengantisipasi terjadinya bencana alam di wilayah kota salatiga.

Acara yang berlangsung pada hari Senin (13/1) pukul 08.00 Wib,dihadiri oleh Komandan Kodim 0714 Letkol Inf. Proyoga Erawan,Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono,SE, M. Si,Walikota Salatiga yang diwakili setaf bidang ekonomi pembangunan  Drs. T Falentino,Ketua PN Salatiga Riyono SH, MH,Kepala Kejaksaan Negeri Salatiga Dr. Yudi Kritiyana, S.H., M.H, Dandenpom  IV/3Letkol CPM Asmin Tapahing,Waka Polres Salatiga Kompol Kristanto Budi Nursetyo, S.Sos,Kepala Kesbangpolinmas Agung Nugroho, S.Sos.MM,Kepala Lingkungan Hidup Prasetyo Ichiarto,Kepala Satpol PP Yayat bapak Nurhayat, M. Si,Kadinkes dr. Siti Yuraidah, SKM., M.Kes ,PJU Polres Salatiga, Kapolsek Jajaran Polres Saltiga dan OPD Kota Salatiga.

Adapun dalam acara tersebut ,selaku Pimpinan apel adalah Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono,SE, M. Si untuk
Perwira apel Kabagops AKP Sairi, SH dan
Komandan Apel AKP M. ZAZID, SH, MH.

Dalam amanatnya,pimpinan apel Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono,S.E., M.Si, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Peserta Apel dan Tamu Undangan dalam rangka Apel Gelar Pasukan Pergelaran Sarpras dan Latihan Kontijensi Penanggulangan Bencana Alam Terpadu ini.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyikapi tingginya curah hujan yang terjadi di awal tahun 2020, sehingga rawan terjadi banjir dan tanah longsor.Sampai saat ini kita masih banyak kelemahan dalam penanggulangan bencana, namun diharapkan kita mampu untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengambil tindakan pencegahan bencana alam.Dengan semakin meningkatnya intensitas bencana dibeberapa daerah maka upaya penanggulangan bencana perlu ditangani secara komprehensif, multisektor, terpadu dan terkoordinasi antar instansi.

Masih menurut Kapolres Salatiga,bahwa filosofi dari penanggulangan bencana yaitu pengurangan resiko bencana dengan upaya Menjauhkan masyarakat dari bencana dan
menjauhkan bencana dari masyarakat.

Dari hasil pemetaan oleh Satgas Tanggap Bencana Polres Salatiga, terdapat beberapa lokasi rawan longsor di wilayaha Kota Salatiga antara lain :Sidorejo RW 9 Kel. Sidorejo Lor Kec. Sidorejo,Gunungpayung Kel. Blotongan Kec. Sidorejo, Jl.Pemandangan Kel. Bugel Kec. Sidorejo, Kp. Krajan - Kalitaman Kel Salatiga Kec. Sidorejo, Soka Kel. Sidorejo Lor Kec. Sidorejo, Gumuk Bendosari Kel. Kumpulrejo Kec. Argomulyo, Perum Idaman Kp. Bulu Kel. Tegalrejo Kec. Argomulyo, RW. V Kel. Gendongan Kec. Tingkir, Perum Sub Inti RW 07 Nanggulan Kel. Kutowinangun Kidul Kec. Tingkir, Canden RW 10 Kel. Kutowinangun Lor Kec. Tingkir.

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana, agar seluruh personil yang tergabung dalam Satgas Bencana Alam selalu memantau perkembangan situasi dan kondisi cuaca serta perubahan alam yang terjadi dan laksanakan deteksi dini.

Sebelum mengakhiri amanatnya,Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono,SE, M. Si,memberikan penekanan untuk diperhatikan dan dilaksanakan antara lain, melakukan update data daerah rawan bencana,melaksanakan penanganan bencana secara terpadu antara TNI, POLRI dan Instansi terkait lainnya, serta siagakan personil,melakukan pengecekan terhadap peralatan dan perlengkapan terkait dengan penanggulangan bencana alam.Laksanakan sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana guna warning system.Lakukan koordinasi dengan instansi terkait lainnya dalam rangka antisipasi bencana alam dan laporkan segera apabila terjadi bencana alam di wilayah Kota Salatiga kepada Pimpinan secara berjenjang.

Simulasi Penanggulangan Bencana dalam menghadapi situasi bencana alam tanah longsor dan pohon tumbang
Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan selesai pukul 09.00 Wib dan acara dilanjutkan dengan Simulasi Penanggulangan Bencana dalam menghadapi situasi bencana alam tanah longsor dan pohon tumbang yang terjadi di Wilayah Kota Salatiga yang dipimpin oleh Kabag Ops Polres Salatiga Kompol SAIRI, S.H. dan disaksikan langsung oleh Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono,SE, M. Si beserta jajaran Forkopinda Kota Salatiga.

Dalam pelaksanaan simulasi penanganan tanggap bencana ini dilakukan dengan sinergitas antara TNI, POLRI serta instansi terkait antara lain DINKES, PMI, SAT POL PP dan TAGANA Kota Salatiga.(Anden/Guntur)