Tower Listrik di Rembang Roboh, Akibatkan 3 Kabupaten di Jateng Putus Pasokan -->

Tower Listrik di Rembang Roboh, Akibatkan 3 Kabupaten di Jateng Putus Pasokan

Wednesday, February 26, 2020, February 26, 2020
Tower SUTT yang roboh pada pada Selasa (25/2) 
Rembang,MATALENSANEWS.com-Tower menara saluran udara tegangan ektra tinggi (SUTT) 67 SUTT 150 kV milik PLN yang berdiri di Tower yang berlokasi di Desa Kabongan Kidul, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang Jawa Tengah, roboh pada Selasa (25/2/2020) malam sekira pukul 23.30 WIB.

Tumbangnya menara ini menyebabkan satu rumah warga rusak parah dan satu orang mengalami luka – luka. Dampaknya, listrik di sejumlah lokasi di 3 kabupaten di Jateng putus pasokan yaitu Blora ,Rembang dan Pati.

Tower SUTT yang roboh pada pada Selasa (25/2) malam tersebut berada di RT 1 RW 4 Desa Kabongan Kidul, Kecamatan Kota Rembang. Tower menimpa sebagian besar bangunan rumah milik seorang warga bernama Lilik.

Kondisi rumah Lilik di 
Suyadi warga sekitar,mengatakan insiden terjadi sekitar pukul 23.26 WIB malam. Akibatnya, listrik di Kabupaten Rembang, Pati dan Blora sempat mengalami padam total.Hal ini karena terjadi hujan beberapa hari yang mengakibatkan struktur tanah menjadi tidak kuat sehingga ambrol. Kejadian sekitar pukul 23.26 WIB. Menimpa rumah Pak Lilik,kata Suyadi saat dikonfirmasi Matalensanews.com.

Sedangkan ditempat terpisah, Arif Setyawan Manager unit pelayanan pelanggan PLN ULP Rembang saat dikonfirmasi mengatakan perihal robohnya tower diakibatkan struktur tanah disekitar tower rusak. Kondisi tersebut disebabkan oleh hujan berkepanjangan yang menyebabkan tanah di sekitar tower tergenang, sehingga berdampak pada kekuatan struktur tanah dan mengakibatkan robohnya tower.

Sementara sampai saat ini dilokasi, masih tampak sejumlah petugas PLN dalam proses perbaikan. Menara SUTT yang roboh ini merupakan jaringan dari PLTU Sluke Kabupaten Rembang.

“Padamnya rata – rata pernomalan sampai Rabu pukul 03.00 WIB, saat terdampak sebagian sudah nyala seperti kondisinya saat ini,” terangnya.

Sampai saat ini, tim PLN ULTG Rembang segera fokus pada pengamanan JTM, sedangkan tim ULTG Kudus langsung menuju lokasi Tower 67. Sampai saat ini tim PLN sedang melakukan persiapan recovery untuk mendirikan Tower Emergency dan investigasi lebih lanjut mengenai penyebab tower roboh. (Er Angga)


TerPopuler