Kapolri Resmi Bentuk Satuan Tugas (Satgas) Kuda Laut -->

Kapolri Resmi Bentuk Satuan Tugas (Satgas) Kuda Laut

Monday, March 9, 2020, March 09, 2020
MATALENSANEWS.com-Polri membentuk Satuan Tugas Kuda Laut untuk mengawasi distribusi bahan bakar minyak (BBM). Satgas itu akan dipimpin langsung oleh Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo. "Anggotanya Wakil Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan dan Kepala Korps Brigade Mobil. Satgas ini dibentuk sebagai bentuk keseriusan Polri mengawal pendistribusian BBM agar tepat sasaran," kata Idham .

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif menyambut baik pembentukan Satgas Kuda Laut. Sebab, pemerintah wajib menjamin ketersediaan dan kelancaran pendistribusian BBM, di mana aparat hukum juga ikut terlibat dalam pengawasan agar tepat sasaran.

"Pengawasan ini juga mengantisipasi ketersediaan BBM pada hari besar dan hari libur nasional," ujar Arifin. Ia berharap Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi terus membangun kemitraan bersama Polri.

Pengawasan penyediaan dan pendistribusian BBM akan ditekankan pada aspek pre-emtif dan preventif. Apabila terjadi pelanggaran atau penyimpangan, akan dilakukan penindakan hukum. Polri, kata Idham, berkomitmen memberikan pengawalan dan pengawasan yang maksimal terhadap pelaksanaan kesepakatan ini. “Saya tugaskan Kapolda dan Kapolres untuk benar-benar awasi pendistribusian BBM.” Satgas Kuda Laut yang dibentuk di tingkat pusat juga harus optimal mengawal seluruh BBM dapat terdistribusi dengan baik.

Sepak Terjang Prestasi Satgas Kuda Laut
Yang dibentuk Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si.

Bertugas mengawasi penyediaan dan pendistribusian Bahan Bakar Minyak (BBM) di seluruh wilayah Indonesia,dalam 2 bulan terakhir telah mengungkap 102 kasus dan total tersangka 135 orang.

Kasus penyelundupan BBM paling banyak terjadi di Sumatera Selatan, diikuti Bangka Belitung dan Sumatera Barat.

Total keseluruhan pengungkapan Satgas Kuda Laut:
- Solar 209.685 liter
- Premium 69.821 liter
- Minyak mentah 340.690 liter - Avtur 264,03 liter.(Hum/Red)

TerPopuler