Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Kamis, 30 Juli 2020, 11:40:00 AM WIB
Last Updated 2020-07-30T04:41:11Z
Berita wisata dan budayaNEWS

Kabar Gembira, Wisata "Pasar Tegalan" Tegalombo Akan Dibuka

Advertisement
Salatiga,MATALENSANEWS.com-Taman Wisata Alam (TWA) dan pasar rakyat yang tergabung Pasar Tegalan, Tegalombo, Rw 03 Blotongan Kec Sidorejo akan dibuka kembali secara bertahap, Minggu ini,  2 Agustus 2020.

Melalui rilis yang diterima awak media m
MATALENSANEWS.com, Ketua pemuda Eko RJM  mengatakan, pembukaan ini dilakukan atas pertimbangan adanya kebutuhan untuk masyarakat dapat menghirup udara segar secara langsung di alam yang tenang dan nyaman dan juga memulai lagi roda ekonomi masyarakat Tegalombo yang terhenti karena pandemi covid 19.

"Wisata alam bermanfaat bagi kesehatan
 fisik dan mental manusia (enhancing health and quality of life). Karenanya di tengah pandemi Covid-19 ini, menjadi salah satu pilihan untuk sehat adalah dengan melakukan kunjungan wisata ke Pasar Tegalan" kata Eko dalam keterangannya, Kamis (30/7/2020).

Terkait perizinan pembukaan kembali, pengelola telah  berkoordinasi dengan pihak Kelurahan, dan menyusun protokol kunjungan sesuai protokol Covid-19.

Lantas, apa saja protokol Covid-19 di kawasan pariwisata alam tersebut?

Berikut protokol Covid-19 di Pasar Tegalombo yang telah diizinkan untuk buka secara bertahap

Pembatasan jumlah pengunjung 10-30 persen
pengelola wajib membatasi jumlah pengunjung yaitu hanya 10-30 persen dari daya dukung daya tampung atau dari pengunjung hari kemarin sebelum covid19.

Kemudian, secara bertahap, batasan pengunjung itu dapat ditingkatkan sampai maksimal 50 persen sesuai hasil evaluasi.

"Tujaun evaluasi untuk keputusan melanjutkan membuka kunjungan, atau menutup kembali apabila terjadi kasus penularan,"
Jaga jarak
Semua pengunjung dan petugas diPasar Tegalan wajib menerapkan jaga jarak satu sama lain ketika berkunjung. Hal ini untuk menghindari kontak fisik yang dapat menyebabkan adanya penularan virus.

Penggunaan masker dan hand sanitizer
Seperti protokol Covid-19 standar, semua pengunjung dan petugas wajib menggunakan masker di area Pasar Tegalan

Selain itu juga pengunjung diwajibkan membawa hand sanitizer masing-masing.
Dan Pihak pengelola kawasan pariwisata alam juga menyediakan hand sanitizer di area kok...

Pemeriksaan suhu tubuh
Sebelum memasuki kawasan Pasar Tegalan semua pengunjung dan petugas akan diperiksa suhu tubuhnya untuk memastikan dalam kondisi prima atau tidak demam.

Eko Rjm  juga mengatakan, guna menjamin penerapan protokol Covid-19 dan protokol kunjungan yang baru di Pasar Tegalan, maka pengelola terus melakukan simulasi, uji coba, pelatihan serta sosialisasi pembukaan kunjungan sehingga semua pihak memahami dan mengetahui protokol kunjungan yang sudah ditetapkan.(Gunawan Agus)