Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Rabu, 08 Juli 2020, 9:17:00 PM WIB
Last Updated 2020-07-08T14:17:32Z
BERITA TNINEWS

KRI Raden Eddy Martadinata -331 Laksanakan _Passage Exercise_ Dengan Kapal Perang Australia

Advertisement
Seluruh rangkaian latihan dilaksanakan di perairan ALKI 2  dengan memperhatikan faktor keamanan serta peraturan hukum yang berlaku
Lombok,MATALENSANEWS.com- Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Raden Eddy Martadinata (REM-331), dengan Komandan Kolonel Laut (P) Lukman Kharish melaksanakan _Passage Exercise_  (Passex) dengan kapal perang Australia atau Royal Australian Navy, yakni  HMAS Stuart (FFGHM153) yang di komandani oleh Commander (N) Luke Ryan, di perairan Selat Lombok sampai ke perairan Selat Makassar, Rabu (8/7).

Pelaksanaan _Passex_ ini diisi dengan beberapa serial latihan diantaranya, latihan manuver taktis atau Tacman, latihan Isyarat Bendera atau Flaghoist, dan latihan Pembekalan di Laut  atau Replenishment At Sea (RAS).

“Seluruh rangkaian latihan dilaksanakan di perairan ALKI 2  dengan memperhatikan faktor keamanan serta peraturan hukum yang berlaku , “ ungkap Lukman, sapaan karib Komandan KRI REM-331.

Lukman menambahkan, bila latihan ini juga digelar atas dasar perintah Panglima Koarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto dengan tujuan memandu HMAS Stuart melintasi ALKI 2 yang selanjutnya  HMAS Stuart akan bergerak menuju Hawaii untuk melaksanakan latihan RIMPAC 2020.

" Kegiatan _Passex_ juga sebagai ajang diplomasi sesuai dengan salah satu peran TNI Angkatan Laut yaitu _Military, Diplomacy dan Constabulary_, “ lanjut Lukman.

Sementara di tempat terpisah Panglima Laksda Heru  mengatakan bahwa latihan bilateral seperti ini diharapkan bisa terus dilaksanakan untuk mempererat hubungan diplomasi antar negara, dan meningkatkan _"Bargaining Power"_ Indonesia di regional Asia Pasifik. Sebab menurut Laksda Heru, dengan hubungan yang baik antara negara maka diharapkan juga tercipta stabilitas kawasan yang akan sangat berdampak penting untuk  kemajuan negara.(Erizal)