Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Sabtu, 26 September 2020, 4:24:00 AM WIB
Last Updated 2020-09-25T21:24:18Z
BERITA UMUMNEWS

BMKG, Kawasan Selatan Jawa Bahkan Nyaris Seluruh Indonesia Berpotensi Gempa dan Tsunami Setinggi 20M

Advertisement


Jakarta,MATALENSANEWS.com-Ancaman gempa besar dan tsunami setinggi 20 meter tidak hanya mengancam kawasan Selatan Jawa saja. Tetapi, nyaris seluruh Indonesia berpotensi gempa dan tsunami.


Demikian dikatakan Kepala Pusat Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono, Jumat 925/9/2020).


Menurutnya, pendapat yang dikemukakan tersebut terkait hasil dari Peneliti dari Institut Tekonologi Bandung (ITB), Profesor Sri Widiyantoro menyebutkan kemungkinan adanya potensi ancaman aktivitas gempa disertai gelombang tsunami 20 meter selatan Pulau Jawa.“Ancaman potensi memang nyata di sana (Selatan Pulau Jawa). Kemudian kalau terkait potensi tidak hanya di Selatan Jawa saja. Bahwa potensi hampir di seluruh wilayah Indonesia,” katanya.


Adanya potensi ancaman gelombang, kata dia, mulai dari pantau Barat Sumatera, kemudian ke Selatan Simeulue, Nias, Mentawai, Enggano dan belok menuju ke Selatan Jawa. Kemudian, menerus ke Bali, NTT, NTB dan sampai ke Laut Aru ya di sana. Dan di utara Papua dan utara Sulawesi. Itu potensi tsunami bisa terjadi semua,” sebutnya.


Adanya ancaman potensi itu, tambah Rahmat, merupakan mengacu pada penelitian sejarah masa lampau dan bisa dijadikan sebuah refrensi. Apalagi, adanya pertemuan lempengan tektonik dan menghasilkan sebuah gelombang. “Namun justru skenario paling buruk adalah merupakan skenario paling baik untuk kesiapsiagaan,” tandasnya.


Sebelumnya peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB) mengelola data berdasarkan hasil pengolahan data gempa yang tercatat oleh stasiun pengamat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan data Global Positioning System (GPS) diperoleh indikasi adanya zona dengan aktivitas kegempaan yang relatif rendah terhadap sekitarnya, yang disebut sebagai seismic gap, di selatan Pulau Jawa.


”Seismic gap ini berpotensi sebagai sumber gempa besar (megathrust) pada masa mendatang. Untuk menilai bahaya inundasi, pemodelan tsunami dilakukan berdasarkan beberapa skenario gempa besar di sepanjang segmen megathrust di selatan Pulau Jawa,” tutur Profesor Sri Widiyantoro.


Sri Widiyantoro memaparkan Skenario terburuk, yaitu jika segmen-segmen megathrust di sepanjang Jawa pecah secara bersamaan, menunjukkan bahwa tinggi tsunami dapat mencapai ~20 meter di pantai selatan Jawa Barat dan ~12 meter di selatan Jawa Timur, dengan tinggi maksimum rata-rata 4,5 meter di sepanjang pantai selatan Jawa.(Red)


Salinan artikel ini telah tayang di : https://nasional.okezone.com/read/2020/09/25/337/2283654/gempa-besar-dan-tsunami-20-meter-bmkg-berpotensi-hampir-di-seluruh-indonesia