Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Selasa, 15 September 2020, 7:30:00 PM WIB
Last Updated 2020-09-15T16:33:48Z
NEWSRegional

Kandang Ayam Yang Berada di Kawasan Industri, Dikeluhkan Warga Sekitar

Advertisement
Kandang ayam petelur yang berdiri di lahan Industri kota Salatiga
Salatiga,MATALENSANEWS.com-Warga  Cebongan, Kelurahan Cebongan Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga, keluhkan adanya pengusaha kandang ayam yang ada di wilayah Cebongan, tepatnya disamping gudang Dinas Lingkungan Hidup. Peternak kandang ayam yang ada dekat sekali dengan pemukiman warga, bikin resah masyarakat setempat. Pasalnya selain bau lalat juga merambah di setiap rumah warga sekitar.

Salah seorang warga sekitar yang enggan disebutkan namanya kebetulan dekat dengan lokasi kandang mengungkapkan, jika benar adanya bahwa kandang ayam petelur di lokasi dekat wilayahnya sangat mengganggu.

“Benar pak,bahwa ada kandang ayam dekat dengan rumah saya, itu setiap pagi selalu mendatangkan lalat di setiap rumah, bahkan keperuntukan wilayah sini bukan lahan peternakan tapi lahan (kawasan) industri,"ucapnya.

Evan pengelola kandang
Evan pengelola kandang ayam petelur saat ditemui awak media Matalensanews.com membenarkan, adanya ternak ayam petelur miliknya, Selasa (15/9/20).

Nenurut Evan, pihaknya sudah membongkar kandang ayam yang berada didepan." Kita hanya memelihara sedikit dan itupun keberadaannya dibekalang lahannya.Bapak bisa lihat bekas bongkaran kandang lama" ujarnya.

Gudang pakan ayam
Memacu pada Dasar hukum Kitab Undang-Undang Hukum Perdata,Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan,Keputusan Menteri Pertanian Nomor 404/Kpts /OT.210/6/2002 tentang Pedoman Perizinan Pendaftaran Usaha Peternakan serta Putusan Mahkamah Agung Nomor 685 K/Pdt/2010.

Mengharap dinas terkait segera mengkaji dan memantau keberadaan kandang ayam yang berada di kawasan Industri dan sangat meresahkan warga sekitar.(Anden/Guntur)