Makna Kesadaran Hidup, Hakekat Kehidupan Manusia -->

Makna Kesadaran Hidup, Hakekat Kehidupan Manusia

Friday, October 23, 2020, October 23, 2020

Oleh : Parmono (Mbah Gentong)
MATALENSANEWS.com-
Hakikat kehidupan manusia di dunia ini hanyalah sementara, dan bukan menjadi tempat keabadian untuk hidup selamanya.


Meski hidup sementara di dunia, namun konsekuensi dari perbuatan di dunia ini sangatlah berdampak besar bagi kehidupan di akhirat kelak. Baik itu perbuatan amal saleh sebagai bentuk ketaatan kepada Allah maupun perbuatan dosa dan maksiat sebagai bentuk keingkaran kepada Allah.


Jika manusia memanfaatkan dunia dan menyibukkan dengan taat kepada Allah Subhanahu Wata’ala, maka akan memetik hasilnya di akhirat kelak dengan penuh kegembiraan dan kebahagiaan abadi. Sebaliknya, jika menyibukkan dengan syahwat, dosa dan maksiat maka akan merugi serta menderita selamanya di akhirat.


Hakekat hidup adalah ujian dan hakekat dunia adalah tempat ujian,bukan tempat bersenang senang serta bernikmat nikmat semata,walau bukan berarti kita tak boleh menikmati kesenangan dan kenikmatan hidup tapi jangan sampai semua itu menjadikan kita lalai memaknai apa itu hidup dan kehidupan.


Mungkin ada yang berfikir bahwa persoalan hakikat itu adalah ajaran yang diperuntukkan hanya untuk agama tertentu,itu salah besar !


Karena persoalan hakikat itu berlaku bagi semua orang apapun agama dan kepercayaannya termasuk yang tidak menyembah Tuhan serta tidak beragama,atheis atau agnostik.


Karena kelak semua orang apapun agamanya termasuk yang atheis-agnostik akan dihadapkan pada Tuhan yang satu yang akan mengadili semua amal perbuatan mereka semua.


Banyak orang ingin berubah menjadi lebih baik untuk masa depan yang lebih bermakna. Mereka menetapkan impian dan tujuan hidup yang ingin mereka capai, raih dan alami di masa depan. Semangat dan gairah mereka begitu tinggi dan mereka melakukan “lebih” di awal. Selang beberapa hari dan minggu, semangat yang begitu kuat mulai redup dan mereka kembali ke pola lama.


Seperti inilah yang sering kita hadapi ketika melakukan proses perubahan. Ketidakberhasilan yang terjadi berkalli-kali membuat kita berpikir bahwa berubah itu sangat sulit. Tapi Anda jangan khawatir dan berhenti untuk mencoba cara lain untuk meraih perubahan hidup yang Anda inginkan.


Seperti yang Anda lakukan sekarang ini tentunya, membaca artikel ini. Pastinya Anda ingin mengetahui cara untuk meningkatkan kualitas diri Anda bukan?


Untuk mendapatkan yang kita inginkan, yang pertama kali kita perlu lakukan adalah membenahi diri. Mengubah sifat, karakter, kebiasaan lama yang menghambat menjadi sifat, karakter dan kebiasaan baru yang lebih mendukung untuk kesuksesan itu sendiri.


Salah satu caranya adalah dengan meningkakan kesadaran diri. Melakukan proses perubahan secara sadar. Mengapa kesadaran diri begitu penting? Kesadaran itu akan memberi kita kebijaksanaan. Kita akan melihat masa lalu sebagai sejarah dan belajar darinya. Kita tidak akan terpengaruh oleh kebiasaan lama yang mendikte kita, kita mampu memilih secara sadar apa yang ingin kita lakukan dan bentuk dalam diri kita.


Sekarang bagaimana cara meningkatkan kesadaran diri agar kita lebih sadar akan diri kita sendiri? Jangan buru-buru, saya pasti akan membagikannya kepada Anda. Tapi ada hal lain yang perlu Anda miliki jika ingin mendapatkan hasil maksimal dari kesadaran diri itu sendiri.


Anda harus memiliki niat yang kuat untuk melatih kesadaran diri tersebut. Niat ini bisa dilandasi dengan kesadaran bahwa Anda butuh untuk berubah, ingin merasakan dan mengalami hidup seperti yang Anda inginkan. Selain itu Anda harus disiplin untuk benar-benar melatihnya. Kedua hal di atas akan sangat membantu Anda mendapatkan manfaat besar dari cara ini.

BERSAMBUNG.....!!!



TerPopuler