Gibran Rakabuming Raka, Politikus Dan Pengusaha Muda Indonesia -->

Gibran Rakabuming Raka, Politikus Dan Pengusaha Muda Indonesia

Thursday, November 19, 2020, November 19, 2020


MATALENSANEWS.cpm-
Gibran Rakabuming Raka, lahir di Surakarta Jawa Tengah pada 1 Oktober 1987,dia adalah seorang politikus dan pengusaha muda Indonesia. Dia anak tertua dari presiden Indonesia ke ketujuh, yaitu Joko Widodo.


Sebagai anak pertama dari pasangan Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Widodo. Gibran, Gibran menyelesaikan sembilan tahun pertama pendidikannya di Jawa tengah, sebelum pindah ke Singapura, dimana dia belajar di Sekolah Menengah Taman Anggrek. Ia kemudian melanjutkan studi di Management Development Institute of Singapore.


Lalu setelah menyelesaikan Studinya dia kembali ke Indonesia, pada tahun 2010, Gibran mendirikan Chilli Pari, sebuah bisnis katering yang berbasis di Surakarta.


Menurut Gibran, dirinya terinspirasi untuk mendirikan perusahaan tersebut setelah melihat minimnya layanan catering untuk conference center milik ayahnya, namun ditentang oleh Jokowi yang bermaksud agar Gibran melanjutkan bisnis furniturnya.


Perusahaan tumbuh dan menjadi fokus dalam menyediakan layanan untuk pesta pernikahan. Gibran kemudian memulai Markobar, sebuah rantai martabak, pada tahun 2015, dan rantai tersebut memiliki 29 lokasi di Indonesia pada tahun 2017.


Jokowi berkomentar pada tahun 2017 meskipun dia awalnya tidak menyetujui bisnis Gibran, perusahaan Gibran akhirnya dihargai lebih tinggi daripada perusahaan furniturnya.


Politik Sunting Pada Juli 2019, Gibran dinobatkan sebagai kandidat favorit untuk pemilihan walikota Surakarta 2020, posisi ayahnya sebelum menjadi Gubernur Jakarta dan kemudian Presiden Indonesia, menurut survei oleh Universitas Slamet Riyadi yang berbasis di sana.


Pada bulan September, Gibran mendaftar sebagai anggota PDI-P, partai politik yang sama dengan Jokowi, hal tersebut dilakukannya agar dapat mencalonkan diri dalam pemilihan walikota.


Partai tersebut secara resmi mendukung Gibran sebagai calon walikota mereka pada Juli 2020, memasangkannya dengan ketua dewan kota Teguh Prakosa.


Semua partai yang diwakili di dewan kota mendukung Gibran dengan pengecualian Partai Keadilan Sejahtera, yang berpotensi membuat pemilihan yang tidak terbantahkan.


Gibran menikah dengan Selvi Ananda pada 11 Juni 2015 dan pasangan itu memiliki anak pertama mereka, Jan Ethes Srinarendra, pada 10 Maret 2016. (GT)


TerPopuler