Bupati Tegal Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2020 -->

Bupati Tegal Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2020

Monday, December 21, 2020, 4:15:00 PM


Tegal,MATALENSANEWS.com– Polres Tegal menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 di Halaman Mapolres Tegal, Senin (21/12/2020).


Kegiatan ini digelar dalam rangka pengerahan pengamanan memasuki momen Natal dan Tahun Baru 2021.


Inti amanat dari Kapolri yang dibacakan oleh Pimpinan Apel Bupati Tegal Dra Umi Azizah menyampaikan Operasi gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi lilin tahun 2020 dalam rangka pengamanan perayaan Natal tahun 2020 dan tahun baru 2021 baik aspek personil maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra Kamtibmas lainnya.


Perayaan Natal dan tahun baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun baru ditempat - tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian, peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibkar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan.


Oleh karena itu Polri menyelenggarakan operasi lilin 2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari TMT 21 Desember 2020 s.d 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid 19, sehingga masyarakat dapat merayakan dengan aman dan nyaman.


Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dna tahun baru Polri telah mempersiapkan 83.917 Personil Polri,15.842 Personil TNI, serta 55.086 personil instansi terkait lainnya, personil tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar lantas dan 675 Pos Pelayanan untuk melaksanakan dipusat keramaian,pusat belanja,stasiun,terminal ,bandara,pelabuhan dan lainnya.


Berdasarkan mepping kerawanan yang telah dilakukan ada beberapa prediksi ganggauan kamtibmas yang harus diantisipasi antara lain : Ancaman Terorisme, Penyalanggunaan Narkoba, Pesta Miras, Aksi perusakan fasilitas Umum, Aksi Kriminalitas, Curas dan curanmor, Tawuran antar Pemuda/ Kampung, Balap Liar, Kemacetan dan kecelakaan serta Bancana alam.


Sementara Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P mengatakan  TNI dan Polri hadir sebagai mewakili negara dalam rangka membuat rasa aman dan nyaman, pengelolaan ini sudah dihiasi oleh Kapolres sama-sama dengan TNI juga bahwa menyambangi seluruh FKUB yang ada, dan kemudian kita memberikan sosialisasi arahan-arahan ini yang masih dilakukan baik di media sosial maupun door to door yang kita sambangi.


Intinya kami TNI - Polri siap bahu-membahu dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman nanti Natal dan Tahun Baru seperti himbauan ajakan maklumat dari pimpinan atas kita sehingga kita bagaimana mengaktualisasikan sekalilagi kita ingatkan pandemi ini belum berakhir maka dari itu kita semua punya potensi untuk berkenan maka mari kita melakukan protokol kesehatan salah satunya Hindari kerumunan.


Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan pengecekan kesiapan pos-pos yang berada di wilayah kabupaten tegal dalam rangka kegiatan natal dan tahun baru.


Ikut hadir dalam acara tersebut Letkol Inf Sutan Pandapotan Siregar ( Dandim 0712/Tegal ), Dra Umi Azizah ( Bupati Tegal ), AKBP M.Ikbal Simatupang ( Kapolres Tegal ), Kapten Arh Asep Kuswara ( Plh Kasdim 0712/Tegal ) Para Kasat dan Kapolsek jajaran Polres Tegal. (Suwondo)

TerPopuler