Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 



Kamis, 03 Desember 2020, 10:32:00 PM WIB
Last Updated 2020-12-03T15:32:43Z
BERITA UMUMNEWS

KPK Tahan RD Mantan Anggota Badan Pemeriksa Keuangan

Advertisement


Jakarta,MATALENSANEWS.com- Komisi Pemberantasan Korupsi menahan mantan Anggota Badan Pemeriksa Keuangan RD. Dia merupakan tersangka penerima suap di kasus korupsi proyek Sistem Penyediaan Air Minum.


"Untuk kepentingan penyidikan, KPK melakukan penahanan para tersangka selama 20 hari pertama," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron di kantornya, Jakarta, Kamis, 3 Desember 2020.


KPK menetapkan RD menjadi tersangka penerima suap proyek air minum di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Ia diduga menerima duit Sin$ 100 ribu dari Komisaris Utama PT Minarta Dutahutama, Leonardo Jusnimarta Prasetyo. Leonardo juga mulai ditahan hari .


Uang itu diberikan agar RD membantu LND mendapatkan proyek Jaringan Distribusi Utama Hongaria dengan pagu anggaran sebesar Rp79,27 miliar. Proyek itu pada akhirnya diberikan kepada perusahaan kenalan RD, yakni PT Minarta Dutahutama.


Kasus ini merupakan pengembangan perkara dari operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK terhadap sejumlah pejabat Kementerian PUPR pada 2018 lalu.(GT)