Siapkan Pemuda Menjadi Pemimpin Yang Berintegritas, Ini Yang Disampaikan Kasdim Wonogiri Kepada Perwakilan Siswa-Siswi SMA -->

Siapkan Pemuda Menjadi Pemimpin Yang Berintegritas, Ini Yang Disampaikan Kasdim Wonogiri Kepada Perwakilan Siswa-Siswi SMA

Monday, December 7, 2020, December 07, 2020


Wonogiri,MATALENSANEWS.com- Kepala Staf Kodim(Kasdim) 0728/Wonogiri Mayor Inf Nurul Muthahar, S.Ag., M.Pd., berkesempatan memberikan materi dalam kegiatan " Penguatan Karakter Sebagai Pilar Wawasan Kebangsaan dan Nasionalisme ", yang bertempat di aula SMA N 2 Wonogiri, Senin(7/12).


Dengan ketat menerapkan protokol kesehatan, kegiatan tersebut diikuti oleh siswa-siswi kelas X dan XI yang berasal dari SMA N 1 Wonogiri, SMA N 2 Wonogiri, SMA N 3 Wonogiri, SMA N 1 Girimarto, SMA N 1 Sidoharjo dan SMA IT Al - Huda Wonogiri.


Membuka kegiatan, Kepala Sekolah SMAN 2 Wonogiri Sumanto, S.Pd., M.Pd., menyampaikan selamat datang kepada Kasdim 0728/Wonogiri yang pada kesempatan pagi ini sebagai narasumber dalam kegiatan Penguatan Karakter Sebagai Pilar Wawasan Kebangsaan dan Nasionalisme. Dimasa pandemi, Sumanto berharap kepada para siswa-siswi agar tetap semangat di dalam belajar.


Dalam memberikan materi, Kasdim menyampaikan pentingnya integritas yang harus dipunyai oleh setiap pemuda, karena pemuda merupakan calon pemimpin di masa depan. Sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin pun dijelaskan satu persatu oleh Mayor Inf Nurul Muthahar.


Lebih lanjut, orang nomor 2(Dua) di Kodim 0728/Wonogiri menyampaikan, menyiapkan pemimpin generasi muda dapat dilakukan berbagai cara, diantaranya memberikan ruang kemandirian sejak dini, membiasakan anak untuk memiliki tujuan yang jelas, melatih anak disiplin sesuai dengan kebutuhan, memfasilitasi anak untuk mengembangkan berbagai kemampuan yang dibutuhkan dan mengurangi dominasi orang tua secara bertahap.


Dia menjelaskan, 5(Lima) ciri kepemimpinan yang berintegritas tinggi antara lain, hati-hati dalam berucap, dapat memegang perkataan, jujur dalam bekerja, taat kepada peraturan dan siap bertanggung jawab. 


Setelah para siswa-siswi bergelut dengan dunia pendidikan, maka endingnya adalah akan dilanjutkan kemana hasil dari belajar tersebut, " Masa depanmu adalah masa depan bangsamu ", pungkasnya


Ditengah Pandemi Covid-19, Kasdim berpesan kepada seluruh siswa-siswi agar tetap menjaga kesehatan dengan tidak tidur larut malam dan menjaga kebugaran tubuh dengan rajin berolahraga, disamping harus tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap melaksanakan aktifitas guna mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid-19.(Arda 72)

TerPopuler