Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas (DPP PSI) Safari ke Propinsi JATENG Sambangi Kota Salatiga -->

Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas (DPP PSI) Safari ke Propinsi JATENG Sambangi Kota Salatiga

Tuesday, February 16, 2021, 12:40:00 AM


Salatiga,MATALENSANEWS.com-Dalam rangka Safari Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas (DPP PSI) ke Provinsi Jawa Tengah, menyambangi Kota Salatiga, Senin (15/2/2021).


Ada beberapa agenda penting selama di Salatiga, diantaranya melakukan pemantauan ketahanan perekonomian usaha kecil di Salatiga,melakukan mitigasi dan pembagian masker gratis kepada para pedagang di Pasar Raya II dan PKL Jensud, Talkshow di Radio Rasika dengan tema "Kesadaran Hukum dan Perlindungan Perempuan", pelantikan DPD dan DPC PSI Salatiga.


Hadir dalam kunjungan tersebut diantaranya para petinggi DPP PSI ke Salatiga adalah Sis Dea Tunggaesti (Sekjen DPP PSI), Bro Nanang, Bro Yuli (DPP PSI). Disamping itu, hadir pula Sis Amelia Ulfa, Sekretari DPW PSI Jawa Tengah serta Anden Narasabda dan Sis Yoana selaku Ketua dan Sekretaris DPD PSI Salatiga.


Dalam kunjungannya ke pengrajin konveksi UMKM diwilayah Cengek, Kelurahan Tingkir Lor kota Salatiga Sis Dea menyatakan bahwa omset penjualan langsung mengalami penurunan yang sangat signifikan. Rata-rata ada penurunan 60% bila dibandingkan dengan masa sebelum pandemi covid 19.


Kendati demikian, omset penjulan melalui online cukup meningkat sehingga UMKM masih tetap bisa bertahan. Mereka tidak melakukan PHK dan tetap produksi seperti biasanya, sekalipun pendapatannya berkurang, pungkas Dea menirukan Bu Marni seorang pengusaha konveksi di Kelurahan Wisata Tingkir Lor. 


Sedangkan, kegiatan mitigasi dan blusukan dengan pedagang di Pasar Raya II, sambil membagi-bagikan marker,Sis Dea mengingatkan bahwa kita harus meningkatkan kesadaran selalu menggunakan masker dan menjaga jangan berumunan. 



"Kegiatan perekonomi tidak mungkin berhenti kerena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi hidup sehat juga menjadi kebutuhan pokok," kata Dosen Universitas Pancasila tersebut.


Untuk itu semua pedagang dipasar harus meningkatkan kesadaran pola hidup sehat di pasar dan taat melaksanakan protokol kesehatan. Tadi saya masih menemukan beberapa orang yang memakai masker, tetapi belum sempurna, yaitu pakek marker tetapi menutupi dagu bukan untuk menutupi mulut dan hidung. 


Tujuan kita pakek masker adalah agar kita tidak tertular dan menulari, sehingga mata rantai penularan putus. Sis Dea mengajak, seluruh pedagang harus selalu mengikuti prokes, pada waktu berdagang. Sekjen PSI juga mendoakan semoga pandemi covid 19, di Salatiga segera berakhir agar ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Salatiga terjamin.(Gunawan Agus)

 

TerPopuler