Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Kamis, 15 April 2021, 2:02:00 PM WIB
Last Updated 2021-04-15T07:02:52Z
BERITA POLISINEWS

Kapolda Jateng Perintahkan Jajaran Putar Balik Kendaraan Pemudik Dari Luar Jateng

Advertisement


Magelang,MATALENSANEWS.com - Dalam rangka pengecekan kesiapan penyekatan jalur mudik 2021, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi beri pengarahan pada Para Kapolres, Kabag Ops, Kasat Lantas, dan Kasat Reskrim di jJjaran Ekswil Kedu di Hotel Grand Artos Magelang, Kamis (15/04/2021).


Dalam arahanya Kapolda menyampaikan bahwa saat ini Polri telah melaksanakan pengecekan arus mudik baik dijalan tol maupun dijalan arteri sebagai persiapan jelang Idul Fitri 1442 H.


Kapolda juga memerintahkan Jajaran di Ekswil Kedu untuk menerapkan protokol kesehatan dan mengantisipasi kerumunan massa di tempat-tempat wisata seperti Candi Borobudur, Dieng, Batujajar dan lainnya.


"Tempat-tempat wisata harus diantisipasi kalo ada kerumunan massa juga prokes harus dan wajib diterapkan,"terang Luthfi.


Sama seperti di daerah lain pos-pos seperti Pos Pam dan Pos Yan yang siap berjaga 1x24 jam juga akan dibagun di Rest Area. Pos-pos ini tujuanya untuk pendisiplinan prokes dan 5 M pada pengguna jalan dan masyarakat. Nantinya dalam pos-pos ini akan ditempatkan personil gabungan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes dan instansi terkait lainnya.


"Jauh-jauh hari sudah kami lakukan kegiatan-kegiatan kepolisian yang sifatnya antisipasi di jalan-jalan tol maupun arteri yang diperkirakan akan banyak dilewati pengguna jalan jelang lebaran nanti," kata Luhfi.


Jawa Tengah dalam penuturan Kapolda Jateng akan menjadi sentral mudik lebaran untuk itu Jajaranya telah menyiapkan 14 titik penyekatan di pintu masuk wilayah Jawa Tengah dari mulai Brebes sampai di perbatasan Jawa Timur dan Cilacap. Pihaknya juga telah mensosialisasikan penyekatan tersebut pada masyarakat, hal ini terkait juga dengan larangan mudik.


Jajaran Polda Jateng akan melakukan Pengecekan kendaraan dengan skala prioritas khusus plat nomor kendaraan dari luar daerah Jawa Tengah.


"Kalo didapati ada pengendara yang ngeyel untuk tetap mudik perintah saya tidak ada lain ya suruh kembali ke daerahnya," ungkapnya


Saat ini Jajaran Polda Jateng tengah melaksanakan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Candi 2021 sekaligus mensosialisasikan terkait Penyekatan di perbatasan wilayah yang akan dimulai H-7 dan H+7 lebaran.


Untuk Reskrim, Kapolda memberi pengarahan agar melaksanakan restoratif jastice dan gakkum sebagai jalan terakhir. Selain itu Polda Jateng juga melaragng masyarakat menjual dan membunyikan petasan sertamelarang ormas atau kelompok lainnya untuk melakukan razia atau sweeping di tengah masyarakat selama bulan puasa dan hari Raya Idul Fitri. 


(Adi/Vio)