Sek Dispen Halsel Bilang Penerimaan Siswa Baru Sudah Termasuk Aitem Program, Jika Ada Pungutan Agar Segra Laporkan -->

Sek Dispen Halsel Bilang Penerimaan Siswa Baru Sudah Termasuk Aitem Program, Jika Ada Pungutan Agar Segra Laporkan

Monday, May 17, 2021, 2:58:00 PM


Maluku Utara,MATALENSANEWS.com- Sekertaris dinas pendidikan kabupaten halmahera selatan provinsi maluku utara menegaskan tidak ada Biaya pendaftaran siswa baru karena sudah termasuk dalam item program pendidikan gratis di halmahera selatan.


Umar iskandar Alam, selaku sekertaris dinas pendidikan (halsel) menghimbau kepada orang tua wali siswa agar tidak memberikan biaya partisipasi saat mendaftarkan anak-anaknya di sekolah tingkat SD, SMP dan SMA. saat dikonfirmasi awak media pada hari Senin (17/5/2021).


Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, selama ini pihaknya sudah menyerukan seluruh kepala sekolah untuk mematuhi imbauan tersebut.


Namun apabila di lapangan masih ada pihak sekolah yang mengunakan biaya pendaftaran, dia mengatakan, agar segera laporkan karena pihaknya tidak segan-segan memberikan sanksi tegas, serta meminta agar orang tua sisawa juga melaporkan ke pihak terkait lainnya. Kata" dia


Umar juga mengatakan, program pendidikan gratis digulirkan sejak tahun 2016 hingga saat ini tidak pernah lagi ada biaya pendaftaran. Ungkap" Umar Senin 17/5/2021 sekira pukul 09:50 wit. 


Lanjut ia, kepala sekolah juga harus menganggarkan anggaran Dana Bos untuk membiayai siswa yang tidak mampu guna memberikan atribut sekolah seperti seragam, sepatu, buku dan pena serta di harapkan agar kepsek dapat memanggil siswa yang putus sekolah dengan alasan tidak mampu.


Menurut Umar Bahwa Dana Bos merupaka Bantuan dari pemerintah pusat yang di manfaatkan untuk siswa yang tidak mampu, Bukan di belanjakan untuk kepentingan pribadi,  


Selain itu umar menambahkan bahwa ula dari kepala sekolah yang sering menggunakan dana Bos untuk kepentingan pribadi sehingga pihak dinas pendidikan termasuk bupati yang di soroti mayrakat/di persalahkan. 


kepala sekolah harus menyadari di setiap bulan menerima gaji sehingga di harapkan tidak lagi memakan Dana Bos. Harap" umar.


(redaksi/tiem)

TerPopuler