TNI Siap Amankan Papua Dari Serangan Batalyon Relawan Sepik PNG -->

TNI Siap Amankan Papua Dari Serangan Batalyon Relawan Sepik PNG

Tuesday, May 11, 2021, 4:41:00 PM


JAYAPURA,MATALENSANEWS.com- Sebanyak lima batalyon pasukan TNI AD siap mengamankan tanah Papua dari serbuan Batalion relawan asal Provinsi Sepik, Papua Nugini (PNG) . Dimana sebelumnya mereka menyatakan siap berperang melawan tentara Indonesia untuk memerdekakan wilayah tersebut. Batalion relawan asal Provinsi Sepik akan masuk lewat celah- celah perbatasan RI dengan Papua Nugini.


Kelima Batalyon ini yaitu Batalyon Infanteri Yonif 131/Braja Sakti, Batalyon Infanteri Mekanis 512/Quratara Yudha, Yonif 403/Wirasada Pratista, Yonif Raider 412 dan Pasukan Setan dari Yonif 315/Garuda.


Mereka bertugas menjaga daerah perbatasan (pamtas) Indonesia dengan Papua Nugini (PNG), disamping menghadapi teroris OPM yang kembali meningkat.


Komandan Korem (Danrem) 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan mengatakan Yonif 131/BRS akan menggantikan Yonif Mekanis Raider 413/BRM, Yonif Mekanis 512/QY akan menggantikan Yonif Raider 100/PS dan Yonif 403/WP akan menggantikan Yonif 312/KH. "Mereka bertugas menjaga daerah perbatasan RI dengan PNG," kata Brigjen TNI Izak Pangemanan disela-sela upacara penerimaan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG di wilayah Kolakops Korem 172/PWY bertempat di Satuan Patroli (Satrol) Lantamal X Jayapura, Selasa (9/3/2021) seperti dikutip dari www.tni.mil.id.


1. Yonif 131/Braja Sakti

Dikutip dari laman wikipedia Batalyon Infanteri 131/BS adalah salah satu Batalyon infanteri di bawah komando Korem 032/Wirabraja. Markas komando batalyon ini berkedudukan Kelurahan Ranah Tiakar, Payakumbuh, Sumbar sekaligus sebagai Markas Kompi A, B, dan Kompi Bantuan. Sedangkan Kompi C berkedudukan di Tanjung Pati, Kabupaten Lima Puluh Kota. Batalyon ini sudah teruji dengan berbagai penugasan diantaranya meredakan pemberontakan PRRI di wilayah Sumatera bagian barat, menumpas GPK Aceh dan Operasi Seroja di Timtim. Di Tanah Papua pasukan ini bertugas di menjaga perbatasan daerah Kabupaten Keerom, Papua dan Distrik Muara Tami, Jayapura dengan PNG.


2. Yonif Mekanis 512/Quratara Yudha

Yonif Mekanis 512/Quratara Yudha ini terkenal dengan julukan “Semut Hitam” adalah salah satu satuan tempur Infanteri Mekanis dalam TNI Angkatan Darat yang mempunyai tugas pokok melaksanakan operasi militer untuk perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP). Yonif 512/Quratara Yudha yang bermarkas di Jalan Ronggolawe, Malang, Jawa Timur ini bertugas di Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Papua.


3. Yonif 403/Wirasada Pratista

Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista merupakan batalyon infanteri teritorial yang berada di bawah struktur komando Korem 072/Pamungkas, Kodam IV/Diponegoro. Markas Batalyon (Mayonif) berkedudukan di pinggir Jalan Kaliurang km 6,5, Kentungan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Pasukan ini akan bertugas di Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua untuk menjaga perbatasan dengan PNG.


4. Yonif Raider 412

Yonif Raider 412 adalah salah satu Batalyon Infanteri di jajaran Brigade Infanteri Mekanis 6/Trisakti Baladaya, Divisi Infanteri 2/Kostrad. Pasukan yang bermarkas di Purworejo, Jawa Tengah saat ini dilengkapi kendaraan lapis baja M113. Pasukan ini menjalankan misi Satgas Pamtas Mobile di Wilayah Papua.


5. Yonif 315/Garuda

Yonif 315/Garuda adalah pasukan pemukul Korem 061/Suryakencana dibawah Komando Kodam III/Siliwangi. Yonif Garuda yang berjuluk Pasukan Setan ini memiliki sejumlah kemampuan mumpuni dalam melaksanakan tugas operasi militer perang (OMP), maupun selain perang OMSP. Selain itu, mereka memiliki kemampuan mengendus atau mencium musuh dengan baik. Dengan kemampuan itulah, Yonif Garuda mendapat julukan Pasukan Setan. Pasukan Setan juga menerima pelatihan cukup keras. Bukan hanya bertempur, para prajurit juga dibekali dengan latihan menembak runduk atau sniper hingga bertahan dalam pertempuran di hutan. Sehingga pasukan setan selalu berhasil dalam berbagai penugasan di wilayah nusantara diantaranya dalam pembersihan sisa-sisa G30S/PKI hingga penumpasan GAM di Aceh serta Operasi Seroja di Timtim. ( red)

TerPopuler