Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Sabtu, 21 Agustus 2021, 12:33:00 PM WIB
Last Updated 2021-08-21T05:33:36Z
NEWSRegional

Dewi Aryani : Vaksinasi Covid-19 untuk ODGJ di Kabupaten Tegal Harus Menjadi Prioritas

Advertisement


TEGAL,MATALENSANEWS.com - Dalam rangka membantu percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tegal, Dr. Dewi Aryani, M.Si Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan memberikan aspirasi vaksin sekaligus turun ke desa-desa melakukan pemantauan pelaksanaan vaksinasi di 18 Kecamatan di Kabupaten Tegal.


Salah satu yang menjadi prioritas DeAr panggilan akrab Dewi Aryani adalah vaksinasi untuk Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Desa Blubuk Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Sekitar 26 orang ODGJ diberikan vaksin Covid-19 setelah pihak keluarga mendapatkan pemahaman pentingnya vaksinasi terutama masyarakat berkebutuhan khusus secara mental atau ODGJ.


Dalam kunjungannya Dewi Aryani menekankan kembali agar ODGJ juga mendapatkan prioritas vaksin karena mereka juga masuk dalam kalangan yang rentan tertular virus corona. Dewi juga menyempatkan memberikan bingkisan paket sembako yaitu beras, minyak, gula, teh, mie instan, biskuit, hingga susu kental manis dan uang saku.


“Kita harus prioritaskan ODGJ mendapatkan vaksin karena biasanya orang yang punya gangguan jiwa pada umumnya punya penyakit komorbit. Mereka juga mempunyai kesulitan atau keterbatasan untuk menyampaikan adanya keluhan atas apa yang dirasakannya sehingga hal ini memungkinkan untuk pemberian vaksinasi bagi ODGJ agar di prioritaskan. 


Vaksinasi untuk kelompok difabel dan ODGJ menggunakan vaksin Covid-19 sinophram sesuai instruksi Kementerian Kesehatan”, tandas Dewi Aryan disela sela melakukan  pemantauan sekaligus dialog dengan keluarga yang mengantar para ODGJ tersebut.


Dewi Aryani juga mengatakan bahwa perlu sinergitas antar semua pihak mulai keluarga, tenaga kesehatan setempat hingga masyarakat luas dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya kalangan ini di vaksinasi segera. Sinergitas semua pihak yang memungkinkan kita bisa melakukan perluasan cakupan imunisasi bagi penyandang disabilitas dengan orang gangguan jiwa di Kabupaten Tegal harus terus di galakkan.



Dewi Aryani tak segan terus memperjuangkan aspirasi dengan menggelontorkan aspirasi vaksin untuk Kabupaten Tegal hingga mencapai kurang lebih 21.750 orang sampai akhir bulan agustus. Semua di sebar di hampir 160 desa dengan penjadwalan yang tersistem, rapi dan tetap memprioritaskan prokes ketat salah satunya dengan memberikan undangan dengan kloter waktu yang berbeda sehingga tidak terjadi kerumuman selama pelaksanaan vaksinasi.


Tak tanggung- tanggung DeAr juga menggandeng seluruh anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Tegal untuk melakukan peninjauan, pengawasan sekaligus menjaring aspirasi selama vaksinasi berlangsung termasuk melihat bagaimana animo masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan vaksinasi di Kabupaten Tegal.

Kompak dalam memberikan yang terbaik untuk masyarakat.(TRI)