Peduli Kemanusiaan, Wartawan Se-Taliabu Dan PB HMT Galang Dana Untuk Yasmin Pengidap "Hidrosefalus -->

Peduli Kemanusiaan, Wartawan Se-Taliabu Dan PB HMT Galang Dana Untuk Yasmin Pengidap "Hidrosefalus

Wednesday, August 25, 2021, 4:34:00 PM


BOBONG,MATALENSANEWS.com- Adalah Yasmin (P) putri kecil berumur 13 Tahun, kelahiran dusun Meang, kecamatan Taliabu timur, kabupaten Pulau Taliabu, yang di duga mengidap penyakit Hidrosefalus yang kini sangat membutuhkan uluran Tangan masyarakat untuk membiayai pengobatannya.


Selain kondisi ekonomi melemah, informasinya yang di kumpulkan media ini, keluargan yasmi-pun tak lagi menginginkan untuk ia bersekolah lantaran faktor kesehatan Yasmin yang kurang mendukung.


Atas hal ini, karena niat peduli sesama gabungan Wartawan Se Pulau Taliabu dan organisasi Pengurus Besar (PB) Himpunan Mahasiswa Taliabu (HMT) menggelar aksi penggalangan Dana di kota Bobong Pulau Taliabu. Rabu, 25 Agustus 2021.


Terpantau oleh HalmaheraPost, Aksi penggalangan dana ini di mulai dari bundaran hemungsia sia dufu, setelah itu menyisir kantor DPRD setempat yang berlangsung kurang lebih 4 jam.


Kordinator Wartawan Se-Pulau Taliabu, Hamsan Banapon mengatakan bahwa aksi ini di maksudkan untuk membantu biaya operasi Yasmin akibat penyakit yang di deritanya.


" Dia (Yasmin) sekarang sudah tak bisa sekolah, kemudian kondisi fisiknya memprihatikan akibat pembengkakan yang semakin besar di kepalanya, pertumbuhan fisiknya berjalan secara tidak normal. Katanya.


Lewat aksi galang dana ini, lanjutnya akan di kumpulkan untuk membantu biaya pengobatannya. Setelah ba'dah dzuhur nanti kami akan lanjut menggalang dana lagi.


"Agar segera di rujuk untuk di operasi. Alhamdulillah setelah kurang lebih 4 jam sejak pagi tadi kita menggalang dana sementara yang sudah terkumpul sudah Rp. 6. 165.000,00. ini yang partisapasi langsung dari warga dan beberapa pejabat dan anggota DPRD.  Ba'dah dzuhur kami lanjut lagi. "ungkapnya.


Hamsan bilang, menurut keterangan yang ia peroleh dari orang tua yasmin bahwa dulu yasmin ini pernah sekolah.


"Waktu itu, kondisi Yasmin sudah tak bisa berjalan, ke sekeolah ia selalu di gendong oleh ayahnya, di rumah-pun ia hanya bisa duduk tak bisa berjalan, Jadi kalau ingin main, dia hanya merangkak, itu pun sebatas (bermain) di teras saja, mau di rujuk untuk berobat biaya tidak ada, sehari-hari ayahnya hanya bisa bertahan dengan hasil bertani dan melaut untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. "Beber hamsan. 


Pernah dulu, kata hamsan dari dinas kesehatan turun ke kampung Yasmin di Meang dan mengusulkan agar dia di operasi .


"Tapi karena tidak ada biaya makanya yasmin hanya di rawat seadanya di rumah.


Hamsan menambahkan bahwa bagi warga ataupun siapa saja yang bersimpati dan ingin berpartisipasi bisa juga lewat Via rekening.


"Rekeningnya, atas nama Chojja Silawane  767901005083508 BRI bobong. "Pungkasnya.


Sementara itu, Mingkat Buya ketua Umum PB HMT menyampaikan bahwa uluran tangan masyarakar Taliabu sangat di harapkan untuk membantu yasmin.


"Dia adalah anak, saudara dan adik kita semua, masa depannya masih panjang, selain kami bersama wartawan Taliabu turun langsung hari ini, secara kelembagaan juga saya akan membuka donasi di Internal organisasi agar semua pengurus Cabang HMT di setiap daerah di Indonesia bisa berpartisipasi. Tegas Mingkat dengan sikap simpatinya terhadap Yasmin.


(Jek/Redaksi)

TerPopuler