Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Selasa, 24 Agustus 2021, 3:36:00 PM WIB
Last Updated 2021-08-24T08:36:29Z
BERITA POLISINEWS

Peringati Hari Jadi Pokwan Ke-73, Kapolres Sukoharjo Bersama Polwan Bagikan Bansos

Advertisement


Sukoharjo,MATALENSANEWS.com – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Polwan ke-73, Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan bersama anggota Polwan Polres Sukoharjo melaksanakan bakti sosial kepada warga Tanjung Anom, Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (24/8/2021).


Untuk diketahui, Sejarah Polwan dimulai pada awal tahun 1948, pada saat itu, terdapat kesulitan-kesulitan pada pemeriksaan korban, tersangka ataupun saksi wanita terutama pemeriksaan fisik untuk menangani sebuah kasus. Hal tersebut mengakibatkan polisi sering kali meminta bantuan para istri polisi dan pegawai sipil wanita untuk melaksanakan tugas pemeriksaan fisik.


Kemudian, organisasi wanita dan organisasi wanita Islam di Bukit Tinggi berinisiatif mengajukan usulan kepada pemerintah agar wanita diikutsertakan dalam pendidikan kepolisian untuk menangani masalah tersebut.


Pada tanggal 1 September 1948 secara resmi disertakan 6 (enam) siswa wanita yaitu: Mariana Saanin, Nelly Pauna, Rosmalina Loekman, Dahniar Sukotjo, Djasmainar, Rosnalia Taher; untuk mulai mengikuti pendidikan inspektur polisi.


Kapolres Sukoharjo mengatakan, guna memperingati Hari Jadi Polwan yang ke-73 ini, Polwan Sukoharjo melaksanakan kegiatan-kegiatan yang positif untuk masyarakat. Yaitu dengan melaksanakan bakti sosial dengan memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan di Tanjung Anom, Desa Kwarasan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Dalam kegiatan tersebut dibagikan 50 paket sembako kepada masyarakat yang membutuhkan.


“Mungin bantuan yang kami berikan tidak seberapa, namun mudah-mudaahan dapat bermanfaat dan membantu meringankan beban masyarakat ditengah badai pandemi Covid-19 ini,” ungkap Kapoilres.


Selain membagikan sembako, Kapolres dan Polwan Polres Sukoharjo juga mengudakasi masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan dengan cara 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.


“Karena dengan mematuhi protokol kesehatan ini, diharapkan penyebaran Covid-19 dapat terhenti dan pandemi segera berakhir,” AKBP Wahyu.



Sebelumnya, Polwan Polres Sukoharjo juga telah melakukan baksos dengan memberikan bantuan sosial berupa paket sembako disejumlah yayasan, pasar, dan warga bantaran sungai Bengawan Solo, tepatnya didesa Langenharjo, Kecamatan Grogol,  pada Jumat (20/08).


Kapolres berharap, kedepan Polwan, khususnya di Polres Sukoharjo lebih maju dan profesional dalam melaksanakan tugas melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat.


“Selamat Hari Jadi Polwan ke-73, semoga Polwan semakin maju dan profesional dalam menjalankan tugas sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat,” pungkas Kapolres.


Vio Sari/Humas