Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Selasa, 21 September 2021, 9:43:00 AM WIB
Last Updated 2021-09-21T02:43:23Z
BERITA POLISINEWS

Operasi Patuh Candi 2021, Masyarakat Diminta Disiplin Berlalu Lintas dan Prokes

Advertisement


Batang,MATALENSANEWS.com-Meski Kabupaten Batang, Jawa Tengah telah masuk pada Pembelakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2, Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka tetap meminta masyarakat selalu disiplin berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19.


 “Intinya masih fokus terhadap pencegahan penyebaran COVID-19. Jadi dalam kegiatan operasi patuh secara simpatik dan humanis, seperti pembagian masker, mengedukasi masyarakat agar tetap disiplin prokes, memberikan bakti sosial bagi yang membutuhkan,” kata Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka , usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi, di Lapangan Apel Mapolres Batang, Senin (20/9/2021).


Kapolres menekankan, dalam menjalankan tugas, seluruh personel harus memedomani prokes serta melengkapi dengan alat pelindung diri.


“Operasi Patuh Candi akan digelar selama 14 hari, mulai 20 September - 3 Oktober, dalam rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas di tengah pendemi COVID-19,” tuturnya.


Ia menegaskan, seluruh giat diarahkan pada pola preemtif dan preventif, berupa tidakan simpatik dan  humanis untuk membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri. Tujuan lain untuk menurunkan level PPKM di wilayah hukum Polres Batang. 


“Pola operasi yang awalnya 80% giat preemtif dan preventif, serta 20 penegakan hukum, diubah menjadi 100% tindakan simpatik,” tegasnya.


Ditekankan, seluruh personel menyosialisasikan tertib berlalu lintas dan mengedukasi masyarakat tentang disiplin protokol kesehatan. 


“Personel dilarang melaksanakan giat razia pemeriksaan surat kendaraan bermotor maupun tindakan lain yang tidak simpatik, terapkan standar operasional protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19,” tegasnya.


Kepala Satpol PP Batang, Ahmad Fathoni menerangkan, pihak Satpol tetap menyesuaikan arahan dari Kapolres. Selama ini lebih mengedepankan edukasi kepada masyarakat.


“Justru lebih baik karena akan menimbulkan kesadaran dari diri masyarakat,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Batang, Moerdiono menambahkan, tetap berkomitmen untuk bersinergi dengan Satlantas Polres Batang, yang mengutamakan tindakan humanis.


“Kami tetap mengedukasi masyarakat untuk selalu disiplin prokes,” tandasnya.(Budi)