Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 





 


Minggu, 19 September 2021, 8:34:00 PM WIB
Last Updated 2021-09-19T13:34:17Z
NEWSPENDIDIKAN

PERANGKAT WIFI UNTUK 27 SEKOLAH SIAP BEROPERASI

Advertisement


HALBAR,MATALENSANEWS.com - Satuan Pendidikan atau Sekolah di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara penerima bantuan perangkat internet Wifi Bakti Aksi dari Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo RI bakal menikmati akses internet gratis melalui perangkat wifi publik. 


 Ini menyusul perangkat yang telah dikirim sebelumnya ke masing2 sekolah, saat ini telah dipasang oleh teknisi. 


Sebanyak 27 sekolah yang terdiri dari SD, SMP dan SMA/SMK penerima bantuan tahun 2021. 


"Saat ini sudah 23 sekolah penerima perangkat wifi publik tersebut perangkatnya telah di pasang teknisi, sementara 4 sekolah lainnya menyusul di pasang dalam waktu dekat" kata Plt. Kepala Dinas Kominfo Halbar, Sahmi Salim 



Plt. Kepala Dinas Kominfo Halbar, Sahmi Salim, ahad (19/09) mengatakan, bantuan tersebut merupakan hasil usulan Dinas Kominfo Halbar tahun 2019 lalu ke BAKTI KemenKominfo. 


Sasaran bantuan perangkat internet ini kata Sahmi, diprioritaskan pada daerah yang belum terakses jaringan kabel FO (Fiber Optik) dari Telkom dan atau jaringan 4G dari Operator Celuler. 


"Kami berharap perangkat Wifi Bakti Aksi ini menjadi pemicu bagi sekolah-sekolah penerima bantuan agar dapat  menyukseskan program Pemerintahan Jujur yakni Halbar Pintar,”harap Sahmi. 


Halbar Pintar merupakan salah satu aksi prioritas daerah, yang tercantum dalam dokumen rencana pembangunan daerah di bawah pemerintahan Bupati James Uang dan Wabup Djufri Muhammad.  


Sementara itu, untuk sekolah yang belum tersentuh bantuan Wifi Bakti Aksi, Dinas Kominfo Halmahera Barat terus berupaya berkordinasi dengan BAKTI untuk memenuhi kebutuhan tersebut.


Sekedar dinketahui, tahun ini perangkat WIFI BAKTI AKSI sebanyak 27 Sekolah yang tersebar di Kecamatan Sahu, Sahu Timur, Ibu, Tabaru, Loloda dan Jailolo Timur yang terdiri dari SMP 8 titik, MTs 2 titik dan SMK 1 titik, 


"Mudah-mudahan sekolah penerima bantuan ini dapat memanfaatkan fasilitas wifi publik tersebut untuk kebutuhan sekolah, terutama dalam fungsinya sebagai sarana pendukung kegiatan pembelajaran bagi siswa siswi di sekolah" harapnya. 


Sementara untuk sekolah yang belum menerima bantuan dimaksud, Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Halmahera Barat terus berupaya  mengusulkan untuk pembangunan di tahun berikutnya  karena seluruh Sekolah yang masuk kriteria penerima Wifi Bakti Aksi telah di usulkan, namun bantuan dari pihak BAKTI Kominfo akan diberikan secara bertahap. Media ini melalui tulisan akun Facebook lensa Halbar, pada hari Minggu 19/9/2021.


( Jek/Redaksi)