Deoxa Indonesian Channels

lisensi

Advertisement MGID

 


 





 


Sabtu, 18 September 2021, 1:16:00 PM WIB
Last Updated 2021-09-18T06:16:02Z
BERITA POLISINEWS

Polres Salatiga Mulai Salurkan Program Bantuan Tunai (BTPLKW) Untuk PKL dan Warung

Advertisement


Salatiga,MATALENSANEWS.com- Dampak lonjakan kasus Covid-19 dan penerapan PPKM bagi UMKM dan korporasi, mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah. Untuk memberikan dukungan bagi UMKM dan Korporasi mengatasi dampak pandemi Covid-19 tersebut, khususnya sektor usaha mikro, Pemerintah telah meluncurkan program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW).


Bertempat di Pendopo Polres, hari ini Sabtu (18/09/2021) Polres Salatiga melaksanakan kegiatan Penyaluran Perdana program Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW) yang di hadiri oleh Walikota Salatiga Yulianto, S.E., M.M.  dan jajaraan Forkopimda.  


Walikota Salatiga dalam sambutannya menyampaikan “BTPKLW yang hari ini mulai diluncurkan, selain sebagai kompensasi atas kerugian ekonomi akibat pembatasan, namun juga diharapkan menjadi sinyal untuk menggerakkan kembali ekonomi masyarakat di tingkat bawah, menyasar ke PKL dan Warung yang belum mendapatkan bantuan melalui skema Bantuan Pelaku Usaha Mikro (BPUM). ini sebagai bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah untuk memberikan stimulan pada warga masyarakat yg terdampak ekonomi  pada saat Pandemi ini” ujar Yulianto.



Pada kesempatan yang sama Kapolres Salatiga menyampaikan “Bantuan ini secara spesifik menyasar kabupaten dan kota yang terkena PPKM Level 4 sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 dan Nomor 28 Tahun 2021. Polres Salatiga sendiri akan menyalurkan untuk 3.800 penerima dengan nominal 1,2 juta. Adapun spesifikasi penerima bantuan antara lain ; Pegadang Asongan, Pedagang menggunakan Sepeda, Pedagang yang menggunakan gerobak, warung Nasi, serta warung kopi dan kios-kios kecil. Tahap pertama ini akan diterimakan kepada 40 orang. 


Selanjutnya untuk kepentingan pendataan  kami akan bekerja sama dengan Dinas Koperasi, Dinas Perdagangan, dan Dinas Pariwisata serta Bhabinkamtibmas yang akan terjun langsung untuk mengecek dan mendatakan warga”, imbuh Indra Mardiana SH SIK MSi.


Ngatini (63) Salah satu pedagang lotek yang biasa mangkal di jalan Brigjend Sudiarto menyampaikan ucapan Terima kasih kepada Pemerintah atas Bantuan yang sudah ia terima, karena dengan situasi saat ini sepi pembeli dan dibatasinya jam saat berjualan tentunya sangat berpengaruh terhadap roda perekonomian keluarganya. "Bagi kami para pedagang kecil seperti ini, dengan bantuan dari pemerintah ini sangat membantu kami untuk bisa tetap berjualan sebagai tambahan modal ” Ucapnya. 


Hal senada juga disampaikan pedagang lainnya setelah menerima bantuan dari pemerintah serta Bantuan Sosial dari Kapolres Salatiga. Kegiatan tersebut berjalan dengan tertib dan lancar serta menerapkan protokol kesehatan ketat yang sudah disiapkan oleh Panitia Pelaksana dari Polres Salatiga.


( Wahyu Nugroho/Humas )