Waasops Kasad Periksa Kesiapan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 410/Alugoro Sektor Selatan Wilayah Papua TA 2021 -->

Waasops Kasad Periksa Kesiapan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 410/Alugoro Sektor Selatan Wilayah Papua TA 2021

Friday, September 17, 2021, 4:05:00 PM


Blora ,MATALENSANEWS.com– Wakil Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Darat Bidang Siapops Sopsad (Waasops Kasad) Brigjen TNI E. Reza Pahlevi, S.E., beserta rombongan kunjungi Yonif 410/Alugoro dalam rangka Pemeriksaan Kesiapan Operasi (Riksiapops) tingkat Mabesad bertempat di Makoyonif 410/ALG, Jl. Jenderal Sudirman Km. 02, Dusun Bangkle. Jumat (17/09/2021).


Kunjungan tersebut ditujukan untuk mengecek kesiapan Satuan Tugas Yonif 410/ALG yang akan melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasaan RI – PNG Sektor Selatan wilayah Papua TA 2021.


Diawali paparan Danyonif 410/ALG Letkol Inf Suhendro Alim Prayogo, S.Sos, M.H., selaku Dansatgas Pamtas RI – PNG Sektor Selatan wilayah Papua, tentang kesiapan personel dan materiil yang akan digunakan di daerah operasi dalam mendukung pelaksanaan tugas. Dilanjutkan dengan pelaksanaan apel gelar pasukan sekaligus pemberian pengarahan Waasops Kasad kepada seluruh Personel Satgas Pamtas RI – PNG Sektor Selatan wilayah Papua TA 2021.



Dalam pengarahannya Waasops Kasad menyatakan melalui paparan yang telah disampaikan oleh Dansatgas bahwa Yonif 410/ALG secara keseluruhan telah siap untuk melaksanakan tugas operasi.


Selain itu beberapa yang harus dipedomani dalam melaksanakan operasi yaitu bahwa tugas adalah suatu kehormatan, tidak seluruhnya Prajurit berkesempatan dapat melaksanakan tugas operasi sehingga kepercayaan ini harus dijaga sebaik baiknya.


“Kamu berangkat membawa bendera perang Yonif 410/ALG, kau jaga kehormatan satuanmu yang sudah dibuat oleh pendahulu pendahulumu” Tegasnya.


Waasops Kasad juga menekankan untuk selalu waspada dan siaga serta dalam setiap kegiatan harus dilakukan secara taktis, sebab daerah operasi itu tidak ada yang aman. Selalu Pupuk jiwa korsa serta kebersamaan dalam satu pos, sebab target keberhasilan tugas ialah semua pulang dengan selamat.


“Tidak ada gunanya kalian dapat pucuk senjata tapi ada korban dari kalian” 


Lebih lanjut dikatakan, sebagai satuan pengemban tugas operasi perbatasan, selain menjaga batas serta kedaulatan negara, menimbulkan rasa aman dan memberikan manfaat akan hadirnya TNI ditengah tengah masyarakat Papua juga menjadi hal yang penting demi kesuksesan operasi, sehingga menimbulkan dampak yang positif guna merebut hati serta pikiran masyarakat Papua.


Turut hadir mendampingi dalam pelaksanaan Riksiapops tersebut Danrem 073/Mkt Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos, MM., Asops Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Horasman Pakpahan, Danrindam IV/Diponegoro Kolonel Inf. Tarsono, SIP. M.M., Para Kabalakdam IV/Diponegoro dan Dandim 0721/Blora Letkol Inf. Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S.Sos,M.Tr.


 (ErAngga)

TerPopuler